Wali Kota Banda Aceh Minta Warga Layani Pengunjung PKA Dengan Baik

Beberapa hari lagi Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 7 akan berlangsung. Event besar ini direncanakan akan dibuka Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 5 Agustus di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

PKA 7 tahun 2018 diprediksi akan dihadiri lebih dari 30 ribu pengunjung, baik dari seluruh Aceh, provinsi lain di Indonesia maupun pengunjung dari manca negara.

Terkait tinggginya animo masyarakat menyaksikan PKA di Banda Aceh, Wali Kota Banda Aceh, H Amnullah Usman SE Ak MM meminta seluruh warga Banda Aceh dapat menyambut tamu dengan baik, ramah dan santun.

“Ini event besar, tinggalkanlah kesan baik kepada seluruh pengunjung, baik tamu dari daerah di Aceh, Indonesia maupun tamu manca negara. Perlakukanlah mereka dengan baik,” pinta Wali Kota, Selasa (31/7/2018) pada program Wali Kota Menjawab edisi Juli.

Program Wali Kota Menjawab edisi ini mengusung tema ‘Banda Aceh Menyongsong PKA 7’. Hadir juga sebagai pemateri Wakil Wali Kota, H Zainal Arifin, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Drs Amiruddin MSi, Asisten Tata Pemerintahan Setdakota Banda Aceh, Bachtiar S Sos Kadispar Kota, Rizha Idris dan Kadisdikbud Kota, Syahminan.

Wali Kota menghimbau seluruh warganya agar selalu mengedepankan slogan “Peumulia Jamee Adat Geutanyo”.

“Yang datang itu adalah tamu kita, layanilah mereka dengan baik sesuai slogan orang Aceh peumulia jamee adat geutanyo,” tambah Aminullah.

Menurut Aminullah, event sebesar PKA merupakan event langka yang harus dimanfaatkan masyarakat kota. Dengan berlaku ramah dan santun maka akan meninggalkan kesan yang baik bagi pengunjung sehingga mereka memiliki keinginan untuk kembali ke Banda Aceh.

“Kalau kita layani mereka dengan baik, mereka akan terkesan dan ingin kembali berkunjung kesini. Perekonomian kita akan bangkit karena mereka bawa uang untuk dibelanjakan disini. Dan masyarakat juga yang akan menikmati kesejahteraan itu,” ujar Aminullah.

Dalam kesempatan ini, Aminullah juga menyampaikan kesiapan Kota Banda Aceh jelang kegiatan PKA 7. Katanya, Banda Aceh terus berbenah mempersiapkan diri menyongsong PKA. Dirinya telah meminta SKPK terkait untuk memastikan Banda Aceh siap menyambut tamu dari seluruh dunia. Misalnya dari sisi keamanan, transportasi, penginapan hingga rumah makan.

“Terkait dengan keamanan kita akan kerahkan Stapol PP ditambah Satpol PP Provinsi dan bekerjasama dengan Kepolisiaan. Mereka siap memberikan rasa aman dan kenyamanan. Mereka juga akan mengawal agar tidak ada pelanggaran syariat Islam. Terkait transportasi kita punya Trans Kutaraja. Kita juga telah membahas soal penanganan sampah dengan DLKKK dan kesiapan PDAM terhapan layanan air bersih,” ujar Aminullah.

Dalam program yang disiarkan langsung 10 stasiun radio ini, Aminullah juga meminta kesiapan PLN agar tidak melakukan pemadaman listrik saat PKA berlangsung.

“PLN kita minta jangan melakukan pemadaman saat PKA nanti. Ini event Internasional, jangan sampai terkendala dengan listrik,” pinta Aminullah. (mkk)

Sumber: Humas