Alizar Usman Mampu Yakinkan Tim DOKA/MIGAS 2022

Banda Aceh-Berbagai terobasan terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh dibawah Kepemimpinan Alizar, S.Ag, M.Hum dalam rangka mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam bingkai Syari`ah. Baik dengan cara membangun mitra bestari dengan stakeholder serta memperjuangkan program Disdik Dayah Kota Banda Aceh Tahun 2022 melalui Dana Otonomi Khusus (Otsus) dan Tambahan Dana Bagi Hasi (TDBH) Migas. Tentunya harus mengacu pada 15 program unggulan kabinet Irwandi-Nova (INOVA), dibawah kepemimpinan Nova Iriansyah yang kini menjadi Gubernur Aceh Periode 2017-2022.

Untuk itulah Kamis, 22 April 2021, Kadis Pendidikan Dayah Banda Aceh Bapak Alizar Usman, S.Ag, M.Hum bersama Kabid SDM dan Manajemen, Muhammad Syarif, SHI.M.H, Kasubbag Program, Keuangan dan Pelaporan, Marwan, SE, Ak, M.Si berjuang di Forum Musrembang Aceh yang berlangsung di Aula Bappeda Aceh, agar usulan Disdik Dayah Banda Aceh, diaminkan dalam dokumen perencanaan Disdik Dayah Aceh Tahun 2022.

Sebagaimana dipahami Dana Alokasi Khusus (DOKA) Kab/Kota dan Migas menjadi domain SKPA dibawah kepemimpinan Nova Iriansyah. Maka dari itu usulan berasal dari instansi teknis Kab/Kota. Forum Musrembang Aceh menjadi wadah yang tepat dalam memperjuangkan kebutuhan Kab/Kota secara konstitusional, ungkap Alizar Usman

Tentunya Pembahasan Dana Alokasi Khusus (DOKA) Kab/Kota harus mengacu pada dokumen perencanaan yang terintegrasi dengan Aplikasi SIPD. Disinilah pejabat teknis harus memahami dengan benar sistem perencanaan dan sisdur Program/Kegiatan Kabinet INOVA, serta menyesuaikan dengan norma dan standar yang telah diatur dalam Qanu Aceh Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perubahan Ketiga Atas Qanun Aceh Nomor 2008 tentang Tata Cara Pengalokasian Tambahan Dana Bagi Hasil Minyak dan Gas Bumi dan Penggunaan Dana Otonomi Khusus serta Peraturan Gubernur Aceh Nomor 22 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Tambahan Dana Bagi Hasil, Minyak dan Gas Bumi dan Dana Otonomi Khusus.

Alhamdulillah semua usulan Disdik Dayah Banda Aceh baik di DOKA maupun Migas disetujui dalam forum Musrembang Propinasi Aceh, kita patut bersukur mudah-mudahan nantinya di Tahun 2022 bisa terlaksana dengan baik. Kita juga berdoa agar pandemi ini cepat berakhir dari Tanah Rencong (SM)