Wali Kota Banda Aceh Raih Anugerah Kihajar 2019

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman kembali meraih penghargaan bergengsi di tingkat nasional. Kali ini berupa penghargaan tertinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yaitu Anugerah Kihajar 2019.

Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah yang dinilai berprestasi dalam pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pendidikan dan kebudayaan di wilayahnya.

Malam penganugerahan ajang tahunan Kemendikbud melalui melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) ini digelar di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Tahun ini, tema yang diusung yakni ‘Membangun Generasi Unggul dan Berkarakter di Era Digital’. Plakat diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Didik Suhardi didampingi Kepala Kapustekkom Gogot Suharwoto, kepada Wali Kota Aminullah.

Selain Aminulah, penghargaan serupa juga diserahkan kepada 15 kepala daerah berprestasi lainnya yakni dari Sulawesi Utara, Jawa Timur, Bandung, Semarang, Gunung Kidul, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Deli Serdang, Banjarbaru, Kutai Timur, Gowa, Maluku Tenggara, Badung, dan Jayapura.

Kepala Pustekkom Gogot Suharwoto mengatakan, aspek yang dinilai pada penganugerahan ini, antara lain kebijakan kepala daerah, tata kelola, implementasi TIK, manajemen dan komitmen untuk peningkatan SDM. “Kemudian dampak pada guru, siswa dan prestasi sekolah, serta inovasi-inovasi yang dilakukan di daerahnya,” ungkapnya.

“Dari seluruh kepala daerah 514 kabupaten/kota se-Indonesia, awalnya ada 155 orang yang masuk nominasi. Kemudian dikerucutkan lagi menjadi 34 untuk menyampaikan presentasi pada akhir Oktober lalu, dan akhirnya terpilihlah 16 kepala daerah berprestasi yang kita berikan penghargaan pada malam ini,” ungkapnya lagi. (Sumber Humas)