Ustaz Somad Disambut Gegap Gempita Di Aceh

Penceramah kondang asal Pekan Baru, Riau, Ustaz Abdul Somad Lc MA yang sempat ditolak dan dideportasi oleh otoritas Hongkong disambut gegap gempita oleh masyarakat Aceh, sejak dari penyambutan di Bandara SIM Blangbintang hingga tampil mengisi tasiah pada zikir internasional memperingati 13 tahun tsunami di Taman Ratu Saifiatuddin, Banda Aceh malam tadi.

Pada Selasa kemarin, Serambi mengikuti serangkaian agenda Ustaz Abdul Somad saat dirinya baru tiba di Bandara SIM, sore kemarin. Di Bandara SIM, Abdul Somad disambut oleh ratusan jamaah, gemuruh selawat dan takbir dengan tabuhan rapa-i mengiringi Abdul Somad saat ke luar dari terminal bandara. “Buka jalan, buka jalan, mohon beri jalan agar ustaz bisa jalan. Tolong, tolong beri jalan,” teriak para pengawal Ustaz Abdul Somad sambil merangkulnya ke luar.

Antusias warga yang ingin melihat langsung Abdul Somad dan memotretnya dengan smart phone, membuat Ustaz Abdul Somad sempat kesulitan saat keluar dari terminal bandara. Kedatangannya di Bansara SIM disambut oleh Habib Novel Alaydrus, para ulama dan teungku dayah di Aceh, laskar FPI Aceh, dan panitia penyelenggara zikir internarional.

Ustaz Abdul Somad terbang ke Banda Aceh dari Bandara Kualanamu, Sumatera Utara ditemani asisten pribadinya dan Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh, M Fadhil Rahmi Lc.

Dari Bandara SIM, Ustaz Abdul Somad bersama rombongan menuju ke Dayah Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah di kawasan Luengbata. Di dayah pimpinan Tu Bulqaini tersebut, Abdul Somad juga disambut haru dan gembira oleh ribuan santri dan santriwati beserta masyarakat sekitar. Dalam kesempatan singkat tersebut, Ustaz Abdul Somad dan Habib Novel juga diminta untuk mengenakan pakaian khas Aceh untuk di-peusijuek oleh sejumlah ulama kharismatik Aceh.

“Tidak pernah terlintas di pikiran saya, akan mengenakan pakaian kebesaran ini. Selain kebesaran (besar) juga keberatan (berat),” kata Abdul Somad disambut tawa santri dan santriwari beserta jamaah yang hadir.

Meski dengan agenda yang padat dan waktu yang lumayan singkat, namun Ustaz Abdul Somad dan Habib Novel menyempatkan diri untuk menyampaikan tausiah singkatnya di hadapan para jamaah di dayah tersebut.

Usai peusijuek, tausiah singkat, dan silaturahmi, Ustaz Somad dan Habib Novel langsung menuju tempat penginapan bersiap-siap untuk menghadiri zikir internasional di Taman Ratu Safiatuddin.

Amatan Serambi, Ustaz Somad, Habib Novel, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah, tiba ke Taman Ratu sekira pukul 20.30 WIB. Kedatangan Ustaz Somad disambut jamaah yang diprediksi mencapai belasan bahkan puluhan ribu yang telah memadati Taman Ratu Safiatuddin. (Sumber Harian Serambi Indonesia)

Antusias masyarakat untuk mendengar tausiah atau ceramah agama dari Ustaz Abdul Somad cukup tinggi. Mereka rela berdesak-desakan dan duduk lesehan di mana saja menanti Ustaz Abdul Somad. Pelataran atau tenda yang disediakan panitia tak mampu menampung masyarakat yang hadir ke Taman Ratu tadi malam.