Pemko Banda Aceh Raih Penghargaan Implementasi Smart City

Pemerintah Kota Banda Aceh menerima penghargaan Implementasi Smart City Nusantara dari PT Telkom Indonesia. Banda Aceh dinilai sebagai salah satu kota terbaik di Indonesia dalam hal penerapan konsep smart city, baik dari sisi infrastruktur maupun content aplikasi berbasis ICT.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh General Manager PT Telkom Wilayah Aceh Subhan kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Banda Aceh Iskandar pada acara pembukaan Digital Innovation Lounge (DILo) Hackhaton Festival di Gedung IT Learning Center Banda Aceh, Sabtu (25/11/2017).

Selain piagam, pihak Telkom juga memberikan reward berupa 10 titik wifi gratis yang ditempatkan di sejumlah ruang publik yang ada di Banda Aceh, serta aplikasi e-arsip untuk Pemko Banda Aceh.

Dalam sambutannya mewakili wali kota, Iskandar berharap dengan pemanfaatan ICT secara optimal Banda Aceh akan semakin berkembang dan maju lebih cepat. “Pemanfaatan IT di segala sektor telah kami step by step sejak beberapa tahun yang lalu,” katanya.

“Dan saat ini IT di Banda Aceh sudah menjadi kebutuhan bagi warganya. Dengan begitu, segala informasi yang pemerintah butuhkan dari masyarakat untuk membangun kota yang lebih baik juga akan semakin mudah dan cepat kami dapatkan,” katanya lagi.

DILo Hackhaton Festival sendiri merupakan lomba pembuatan aplikasi/startup dalam waktu sehari semalam yang digelar serentak di 16 kota di Indonesia di antaranya Banda Aceh, Medan, Tangsel, Bogor, Solo, Bandung, dan Balikpapan.

Di Banda Aceh, ajang ini diikuti oleh 60 peserta yang akan bersaing membuat aplikasi terbaik terkait sektor pariwisata maupun sektor lainnya, yang nantinya juga dapat digunakan oleh pemerintah daerah. (Jun)

Sumber : Humas Setda Kota Banda Aceh