Walkot Banda Aceh Minta Warkop Tutup Mulai Malam Ini, Satpol PP Dikerahkan

Banda Aceh -

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menindaklanjuti surat Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang meminta warung kopi tutup sementara. Petugas Satpol PP dibantu TNI/Polri bakal dikerahkan untuk melakukan pengawasan.

Instruksi penutupan warung kopi dan tempat keramaian lainnya dikeluarkan Aminullah setelah mendapat surat dari Nova pada Minggu (22/3/2020). Penutupan tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di Tanah Rencong.

"Penutupan tempat keramaian berlaku mulai malam ini sejak dikeluarkan instruksi," kata Aminullah dalam keterangan kepada wartawan.

Menurutnya, kebijakan menutup tempat-tempat keramaian menjadi salah satu upaya pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Warga diimbau sementara menahan diri, tetap berada di rumah, dan mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.

"Kami ambil kebijakan ini karena imbauan menjauhi keramaian sepertinya belum mendapat perhatian serius warga, padahal ini langkah antisipasi untuk menjaga diri, keluarga, dan sesama. Mari kita sayangi diri, keluarga, dan semuanya," ujarnya.

Aminullah menyebut pelaku usaha tempat keramaian, warung kopi, kafe, dan sarana hiburan yang melanggar akan dilakukan proses hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti yang telah tertuang dalam maklumat yang dikeluarkan Kapolri.

Walkot juga meminta Satpol PP mengawal tempat-tempat keramaian di Banda Aceh agar instruksi tersebut berjalan efektif. "Kita juga di-backup oleh polisi, TNI, dan segenap unsur yang tergabung dalam Forkopimda," katanya.

Selain warung kopi, Pantai Ulee Lheue akan ditutup untuk wisatawan"Khusus untuk Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, akan disiapkan prosedur penanganan evakuasi orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 dari Sabang dan Pulau Aceh," sebutnya.

Seperti diketahui, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyurati Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman terkait pencegahan penyebaran virus Corona. Nova meminta warung kopi hingga tempat wisata di Kota Gemilang tutup sementara waktu.

"Berkenaan hal tersebut di atas, kami harap saudara untuk sementara waktu menutup tempat-tempat keramaian (Pantai Ulee Lheue, kafe, warung kopi, karaoke, wahana permainan, dan tempat hiburan lainnya) di Kota Banda Aceh," tulis Nova pada poin kedua.

(Sumber:https://news.detik.com)