Ulama Thailand Dan Malaysia Sebut Aceh Harapan Kebangkitan Islam

Penerapan syariat Islam di Provinsi Aceh yang selama ini berjalan dengan baik ‎dinilai bisa menjadi suatu harapan bagi umat untuk kebangkitan Islam yang berjaya di Nusantara bahkan Asia Tenggara.

Hal ini dikarenakan ajaran syariat Islam yang telah dijalankan sejak ‎ratusan tahun silam pada zaman Kerajaan Aceh Darussalam, hingga kini masih terus dipertahankan oleh masyarakat muslim di daerah berjuluk Serambi Mekkah ini.

Penegasan itu disampaikan dua ulama dari Malaysia dan Thailand‎ saat mengisi pengajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) di Rumoh Aceh Kupi Luwak, Jeulingke, Rabu (27/12) malam. Keduanya adalah Alfadhil Datuk Ustaz Mohd Nizam Kamaruzzaman‎ (Malaysia)‎ dan Tuan Guru Dr. Ismail Ishaq bin Jasmit, Presiden PUSTA Al-Fathani Darussalam, Thailand.

"‎Aceh ini negeri syariat yang telah menjalankan hukum dan ajaran Islam sejak dulu dalam kehidupan sehari-hari. Ini bisa menjadi suatu harapan bagi kita semua untuk ‎kejayaan dan kebangkitan Islam dimulai dari Aceh untuk Nusantara dan Asia Tenggara," ujar Dr. Ismail Ishaq Jasmit.

Menurutnya, selama beberapa hari dirinya berada di Aceh untuk memenuhi undangan panitia Zikir Internasional dalam rangka peringata‎n 13 tahun tsunami, sangat kental terlihat suasana islami dalam kehidupan masyarakat, seperti perempuan menutup aurat, masyarakat menuju masjid untuk shalat berjamaah saat azan berkumandang, keramahan masyarakat yang menjaga silaturrahmi, termasuk saat lautan manusia yang mengikuti Zikir Internasional dan tausiyah tsunami oleh Ustaz Abdul Somad.

"Saya sampai merinding dan sangat terharu melihat semangat umat Islam Aceh menjalankan syariat. Setiap perempuan yang nampak di tempat umum pasti menutup aurat dan polisi syariat melarang kaum perempuan berpakaian ketat.
Kapan daerah kami Patani di Thailand bisa berbuat seperti Aceh‎, kami ingin seperti Aceh untuk bisa menjalankan Islam," terangnya.

Sementara ulama dari Malaysia, Alfadhil Datuk Ustaz Mohd Nizam Kamaruzzaman‎ menyebutkan syariat Islam yang berjalan dengan sungguh-sungguh pasti akan membawa kemuliaan bagi masyarakat Aceh‎ dengan berbagai kelebihan yang diberikan Allah SWT‎.

Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Alqur’an Surat Al-Mujadalah ayat 11 yang‎ artinya, "Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat‎. (sumber :www.suaradarussalam.com)