TPQ Hidayatul Ulum Gelar Daurah Tahfidz Dan Tarbiyah Ramadhan

Banda Aceh – Taman Pendidikan Al-Quran Hidayatul Ulum (TPQ HU) menggelar Daurah Tahfidz dan Tarbiyah Ramadhan 1445 H/2024 M, di Masjid Darul Makmur dan Komplek Dayah Terpadu Inshafuddin pada 17 Maret sampai 1 April 2024.

Direktur TPQ HU, Ustaz Edy Iswandi, S.Sos,I dalam keterangannya mengatakan, jumlah peserta kedua kegiatan tersebut 110 orang, masing-masing untuk Daurah Tahfiz sebanyak 31 orang dan Tarbiyah 79 orang.

“Daurah Tahfidz dan Tarbiyah ini merupakan program rutin tahunan TPQ HU pada masa kepemimpinan kami,” ungkap Ustaz Edy.

Menurut Penyuluh Agama pada Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Banda Aceh itu, untuk Daurah Tahfidz anak anak akan mendapatkan beasiswa khusus Daurah di akhir acara.

“Untuk Daurah Tahfidz anak anak akan mendapatkan Beasiswa Khusus Daurah di akhir acara untuk 27 anak yang mencapai target hafalan dan juga sesuai syarat yang ditentukan,” kata Ustaz Edy.

Edy menambahkan, Daurah Tahfidz ini akan menjadi motivasi dari untuk penghafal Al Quran dan akan bersinergi dengan program unggulan TPQ HU, yaitu Syahadah Tahfidz yang akan memasuki Angkatan IV tahun 2024.

“Alhamdulillah, kita dapat sponsor dari Baitul Mal Kota Banda Aceh tahun ini,” tambahnya.

Memberikan Apresiasi

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Dayah Kota Banda Aceh yang diwakili Kabid SDM dan Manajemen, Muhammad Syarif SHI MH dalam sambutannya mengatakan, Disdik Dayah Kota Banda Aceh memberikan apresiasi mendalam atas berbagai aktivitas yang dilakukan oleh TPQ Hidayatul Ulum.

“Sebagai informasi, selama ini Baital Mal Kota Banda Aceh dengan Disdik Dayah Kota Banda Aceh terus berkolaborasi dalam memberikan dukungan dan insentif bagi guru TPQ dan Balai Pengajian di setiap tahunnya dengan Snif Zakat Fi Sabilillah,” ungkap Syarif.

TPQ dan Balai Pengajian yang memperoleh insentif dari Baitul Mal itu, salah satu syarat utamanya adalah telah mendapat legalitas dari Disdik Dayah Kota Banda Aceh (SKT/Ijob).

Turut hadir pada kegiatan pembukaan Ketua BKM Darul Makmur Lambaro Skep Ust Saifullah M Yunus Lc MA Ph.D, Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Kabid Dakwah Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, para wali santri dan sejumlah mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry. (Red)