Squad Dayah Kota Banda Aceh (4)

Oleh Bung Syarif*

Edisi kali ini kami mengupas sosok Srikandi Dahliana, SE, ia adalah bendahara Disdik Dayah Kota Banda Aceh. Bunda dua anak ini sangat bertanggungjawab dan jago dalam bidang menjahit, serta hobi memasak. Ketrampilan menjahitnya diturunkan dari sang ibu yang masa mudanya seorang penjahit ulung. Tugas dan tanggungjawab yang diemban selalu bendahara pada Disdik Dayah Banda Aceh dilakoni dengan baik.

Sang juru bayar, kami menyebutnya. Tiap selesai giat kenegaraan kami meminta Bunda Dahliana untuk  membayar makan-minum rapat serta poding penambah stamini pawang dayah, hehe.

Soal selera menu nusantara tidak diragukan. Habeh-beuhabeh hansep tuleh. Begitulah canda kami di kabilah punggawa dayah. Ia ASN pindahan dari Dishub Kota Banda Aceh pada masa Bapak Muzakkir Tulot yang kini sudah purna tugas. Dahliana dikantor berkutat dengan angka-angka.

Tiap selesai kegiatan maka tugasnya melakukan penandatanganan dan memeriksa dokumen amprahan serta memastikan pajak setiap belanja tidak salah. Ia dibantu oleh dinda Srifarni Amelia, S.Tr AK selaku pembantu bendahara.

Setelah dokumen amprahan ditekan pak Kadis dan PPTK ia membawanya pada Badan Pengelolaan Keuagan Kota (BPKK) Banda Aceh, setelah semua cair dalam dokumen Aplikasi maka tugas yang bersangkutan melakukan posting khusus belanja ASN berupa gaji dan honorarium narsum, tim teknis dan PPTK. Itu artinya jari-jemantiknya sangat menentukan kapan cair dan masuk rekening.

Tupoksinya membuat ASN Disdik Dayah Kota Banda Aceh ceria. Jika telah memasuki awal bulan, maka jari jemantiknya dan lirikan matanya harus tajam, memastikan tidak ada yang salah dalam posting pada buku bank, jika silap, maka salah masuk rekening. Sekian dulu ya mas bro, nanti kita kupas Squad Dayah yang lainnya. Selamat berhari lebaran, jika ada kelebihan kue-keue lebaran jangan lupa dibawa ke markaz besar disdik dayah saat masuk kantor pasca lebaran Idul Fitri 1445 H

 

*Penulis adalah Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh, Ketua Komite Dayah Terpadu Inshafuddin, Dosen Legal Drafting FSH UIN Ar-Raniry, Fasilitator (Pro DAI) YaHijau-Unicef