Santri Dayah Mini Aceh Dominasi Juara Evaluasi Program Tahfidz Qur`an

Salah satu program unggulan Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh Pada Tahun 2018 adalah Program Tahfidz Qur`an pada dua Dayah Salafiyah yaitu; Dayah Mabdaul Ulum Al Aziziyah dan Dayah Mini Aceh. Program yang diluncurkan sejak 1 April 2018 ini mendapat perhatian serius Tgk. Tarmizi M.Daud, S.Ag, M.Ag, Kadis Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh. 

Untuk itulah perlu dilakukan Monitoring dan Evaluasi Program demi kesempurnaan, ungkap Muhammad Syarif,SHI, M.H Kabid SDM dan Manajemen yang diamini Saiful Bahri, S.Ag Kasi Pembinaan Manajemen Dayah.

Pengujian terhadap kemampuan hafalan santri tahfidz dilaksanakan pada tangga 3-4 Nopember 2018, dengan melibatkan Pimpinan Mahad Darut Tahfidz Al-Ikhlas, Komplek Villa Buana, Tgk. Zulfikar, MA. Hasil evaluasi menunjukkan kemampuan santri Dayah Mini Aceh sangat luar biasa. Rata-rata santri mampu menghapal 2-5 Juz.

Untuk itulah Muhammad Syarif, SHI, MH Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh memberikan apresiasi kepada Pimpinan Dayah Mini Aceh Tgk. Umar Rafsanjani, Lc, MA serta Dewan Guru Tahfidz M. Fadli, SHI, MA Al Hafidz yang telah membimbing dan memberikan perhatian yang sungguh luar biasa sehingga program ini menuai hasil yang Gemilang. Adapun Santri Dayah Mini Aceh yang nilai hapalannya bagus antara lain M. Ihksan, Jawar Bako, Mulyanto dan Reza Maulana. Keempat Santri Dayah Mini Aceh tersebut pada hari Senin, 12 Desember 2018 mendapat uang pembinaan mulai dari Rp.250.000, s/d Rp.1.000.000,.

Lebih lanjut Syarif mengatakan jangan dilihat dari nilai nominalnya akan tetapi ini bagian dari ikhtiar Disdik Dayah Banda Aceh dalam memberikan perhatian serius terhadap upaya pembinaan santri Tahfidz.  Program santri Tahfidz ini mendapat sokongan maksimal fasilitas dari Disdik Dayah Kota Banda Aceh meliputi: Insentif Guru dan Penanggungjawab, Qur`an Tahfidz, Rihal, baju santri, Sound Sistem, Komputer dan Printer, Mimbar dan Lemari Arsip