Safari Tadarus Al-Quran, Cara Chek Zainal Menyapa Warga Di Bulan Ramadan

Banda Aceh – Tadarus Al-Quran atau kegiatan membaca Al-Quran di bulan suci Ramadan bukan hal biasa lagi yang dilakukan umat muslim, termasuk di daerah yang dijuluki Serambi Mekah, yakni Aceh dan khususnya daerah Banda Aceh.

Di Banda Aceh, Pemerintah Kota sangat mengapresiasikan kegiatan keagamaan seperti ini. Tampak di setiap Ramadan Pemko selalu melakukan kegiatan safari atau menyambangi sejumlah masjid, di setiap kecamatan yang ada.

Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, jika pada tahun sebelumnya jajaran pemerintah datang ke masjid-masjid untuk melaksanakan taraweh bersama, kali ini safari dilakukan dengan mengunjungi para jamaah yang hendak ‘tadarusan’.

“Alhamdulillah, ramadan kali ini kita mengunjungi para jamaah masjid yang sedang bertadarus Al-Quran. Ini semata untuk menyapa warga sambil mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19),” kata Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin saat melakukan safari bersama jajaran SKPK ke Masjid Liwa Ulhamdi, Gampong Emperom, Rabu 6 Mei 2020.

Di tengah situasi saat ini, sebutnya, Pemko terus berupaya melakukan edukasi dan sosialisasi kepada warga tentang bahayanya Corona ini.

“Maka dari itu, kami memanfaatkan segala kesempatan untuk bisa memberikan bantuan langsung berupa masker di setiap masjid yang kita kunjungi. Kami peduli dan ingin semua warga disiplin pakai masker,” kata Zainal Arifin atau yang kerap disapa Chek Zainal itu.

Dalam setiap masjid yang dikunjungi, Chek Zainal juga menyempatkan diri berdiskusi dengan camat dan para keuchik serta perangkat gampong setempat.

Kabag Keistimewaaan dan Kesejahteraan Rakyat, Fahrul Razi mengatakan dalam setiap lawatan Pemko turut memberikan bantuan dan santunan. “Bantuan yang kita berikan berupa masker dan penunjang berbuka puasa. Selain itu kita juga memberikan sedikit santunan.” (Riz)