Punggawa Disdik Dayah Banda Aceh Lakukan Fasilitasi Penyusunan Kurikulum Dayah

Berbagai terobosan terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh dalam rangka peningkatan kualitas tata keloloa manajemen dayah menuju kemandirian, ungkap Zahrol Fajri, S.Ag, M.H Plt Kepala Dinas Pendidikan Dayah. Sebagaimana dipahami bersama bahwa Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh lahir dengan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 11 Tahun  2016, merupakan salah satu Lembaga Keistimewaan Aceh, hal ini dipertegas dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 95 Tahun 2016. Disdik Dayah Kota Banda Aceh merupakan salah satu perangkat daerah yang melaksanakan kekhususan dan keistimewaan di Aceh.

Regulasi ini memberikan kewenangan Pemerintah Daerah untuk membentuk Dinas Pendidikan Dayah. Sebagaimana dipahami bersama, bahwa Disdik Dayah di Kota Banda Aceh telah melakukan berbagai gebrakan fundamental dalam rangka mewujudkan kemandirian Dayah di Banda Aceh, adapun gebrakan yang telah dilakukan selama ini antara lain penyusunan Peraturan Walikota Banda Aceh tentang Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Dayah, Pembentukan Forum Pimpinan Dayah, Rakor Pimpinan Dayah, Workshop Manajemen Dayah, Fasilitasi berbagai pelatihan kompetensi bagi guru Dayah meliputi: Bimtek Penyusunan Laporan keuangan Dayah, Bimtek Manajemen Tata Kelola Dayah, Bimtek Unit Kesehatan Dayah, Fasilitasi Pengiriman Guru Dayah utuk belajar bahasa Asing (Arab dan Inggris) di Pare, Kediri, Fasilitasi Penghijauan Dayah, Kerjasama dengan Bank Indonesia, BI Corner dan Pemberdayaan Ekonomi Dayah. 

Terkait pembenahan kurikulum pada Disdik Dayah Banda Aceh melakukan fasilitasi penyusunan Silabus/Rencana Pelaksanaan Pengajaran (RPP) pada Dayah Al-Ishlah Al Aziziyah. Untuk mempertajam penyusunan RPP, Disdik Dayah Banda Aceh menggandeng Disdik Dayah Aceh untuk melatih para Tgk Dayah se Aceh dalam rangka penyusunan kurikulum dayah 14 s/d 16 Agustus 2017 di Hotel 88 Atjeh Jln. Syiah Kuala No. 88 Banda Aceh. Langkah ini akan terus dilakukan ungkap Muhammad Syarif, SHI.M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh. Lebih lanjut Muhammad Syarif mengucapkan terimakasih yang paling dalam atas bantuan Disdik Dayah Aceh selama ini, terutama dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Tgk/Guru Dayah. Sinergisitas dan kerjasama yang cukup harmonis ini akan terus ditingkatkan, ungkap mantap Kepala UPTB e-Kinerja PNS Kota Banda Aceh.