Pekan “Khutbatul Arsy” Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh

Khutbatul Arsy merupakan suatu kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan di awal tahun pelajaran baru di Dayah Modern Darul Ulum YPUI Banda Aceh. Sebagaimana namanya “Khutbatul Arsy” bermakna “Berkhutbah diatas langit” kenapa? karena dalam kegiatan ini santri diingatkan kembali tentang nilai-nilai luhur dayah, jiwa-jiwa dayah; yang didalamnya didasari oleh Al Qur’an dan Al Hadists, tentang kedisiplinan santri selama di dayah, bahasa, kesehatan dan lain-lain  dengan harapan dapat memberikan bekal kepada santri tentang kehidupan di dayah, arti perjuangan, dan arti ilmu pengetahuan.

Kegiatan Khutbatul Arsy dayah modern Darul Ulum Banda Aceh T.P 2019/2020 dilaksanakan selama sepekan mulai dari senin s.d minggu setelah shalat isya berjamaah di masjid At Taqwa YPUI Banda Aceh. Agenda Khutbatul Arsy tahun ini dimulai dengan perkenalan PBM dayah oleh bagian pengajaran dayah, masalah Kedisiplinan Santri, Kesehatan, Ubudiyah, Bahasa, Bakat minat santri, pengenalan pustaka, organisasi santri OPDM, dan pada hari terakhir ditutup dengan pengenalan unsur pimpinan dan ustadz/ustdzah dayah modern darul ulum banda aceh.

Dengan adanya kegiatan khutbatul arsy ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi santri (khususnya santri baru) agar lebih siap untuk menimba ilmu di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh beberapa tahun kedepan. Berdasarkan Pantauan Muhammad Syarif, SHI,M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Tradisi ini sangat bermamfaat bagi santri dalam rangka pengenalan aktifitas di Dayah.