Nyamannya Berwisata Di RTH Kota

Banda Aceh- Sebagai ibukota propinsi, Banda Aceh menjadi salah satu kota yang memiliki sejumlah area yang dikategorikan dalam ruang terbuka hijau. Ruang Terbuka Hijau (RTH) memegang peranan penting pada pembangunan kawasan perkotaan, terutama terkait dengan merancang masa depan perkotaan.

Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang pasal 29 ayat 2 menetapkan proporsi ruang terbuka hijau pada wilayah kota paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota dan ayat 3 menetapkan proporsi ruang terbuka hijau publik pada wilayah kota paling sedikit 20 persen dari luas wilayah kota.

Ruang terbuka hijau di wilayah perkotaan merupakan bagian dari penataan ruang kota yang berfungsi sebagai kawasan hijau pertamanan kota, kawasan hijau hutan kota, kawasan hijau rekreasi kota, kawasan hijau kegiatan olahraga kawasan hijau dan kawasan hijau pekarangan.

Kota Banda Aceh dengan luas wilayah 61,359 km² (6.135,9 ha) memiliki luas RTH Publik 676,27 ha atau  11,02% masih kekurangan 8,98% dari ketentuan luasan minimal yang ditetapkan.

Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Banda Aceh Tahun 2029, Pemenuhan Luasan RTH Publik akan tercapai pada tahun 2029 seluas 20,52% dari luas wilayah kota Banda Aceh, lebih luas 0,52% dari luasan minimal yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang dan Peraturan Menteri PU No.05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan.

Hutan kota merupakana salah satu dari unsur dalam RTH. Hutan Kota merupakan suatu hamparan lahan yang bertumbuhan pohon-pohon yang kompak dan rapat di dalam wilayah perkotaan baik pada tanah negara maupun tanah hak, yang ditetapkan sebagai hutan kota oleh pejabat yang berwenang.

Hutan kota di Kota Banda Aceh, seperti Hutan Kota di depan Mesjid Raya Baiturrahman, Hutan Kota di samping POMDAM, Sisi Barat Kanal Krueng Aceh, Hutan kota BNI di Tibang Kecamatan Syiah Kuala dengan luas 6,8 ha. dan Hutan kota Rusunawa yang berlokasi di Kecamatan Meuraxa dengan luas 4 ha.

Ayo berwisata di RTH kota sambil belajar mengenal dan mencintai lingkungan kita di kota kita Banda Aceh. (HP)