Mengasah Ketajaman Nalar Para Santri Lewat Event MQK

Disdik Dayah Kota Banda Aceh kembali melakukan terobosan. Setelah sukses menggelar program santri tahfiz, festival kreatifitas santri dan event olahraga santri, kini kembali menyelenggarakan program unggulan lainnya, yakni menghelat Musabaqah Qira`atil Kutub (MQK) atau yang lebih dikenal dengan lomba membaca kitab kuning.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 24-26 April 2019 di Komplek Dayah Darul Ulum, Jambo Tape.

Sejak seremonial pembukaan dilakukan oleh Staf Ahli Wali Kota, M Rizha, kegiatan ini mendapatkan antusiasme tinggi dari kalangan santri dayah di Banda Aceh. Tampak ratusan santri hadir dan mendukung para peserta mengikuti event ini.

Sementara Penutupan yang diwakili oleh Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah, Muhammad Syarif mengatakan event ini diikuti oleh 40 santri dari berbagai dayah di Banda Aceh. Katanya, kegiatan ini merupakan yang kedua diselenggarakan setelah yang pertama pernah dihelat pada tahun 2018 lalu di Dayah Inshafuddin.

Katanya, MQK kali ini mengusung tema ‘Dari Dayah untuk penguatan karakter dan kepribadian bangsa’. Para peserta merupakan santri dayah yang berumur dari 15 s/d 24 tahun. Kitab kuning yang dilombakan adalah Fathun Mu’in (Bidang Fiqh).

MQK ini digelar bertujuan untuk melatih kemampuan santri dalam membaca dan memahami kitab gundul. Kemudian juga untuk mengevaluasi penerapan kurikulum dayah sesuai Perwal Nomor 43 Tahun 2017 serta mengasah ketajaman nalar santri guna memahami teks dan konstektual.

Penutupan kegiatan ini dilakukan pada 26 April oleh Kabid Pengembangan Santri Disdik Dayah, Muhammad Nasir. Pada penutupan langsung diumumkan para juara MQK ini sekaligus menyerahkan tropy dan uang pembinaan kepada para juara.

Kadisdik Dayah Kota Banda Aceh, Tgk Tarmizi Daud mengatakan, juara I dari dari MQK tingkat kota ini akan mewakili Banda Aceh pada gelaran MQK tingkat provinsi yang akan digelar pada bulan Oktober nanti.

Berikut daftar pemenang MQK Tingkat Kota Banda Aceh tahun 2019:

Juara I : Muhammad Hanif (Dayah Madinatul Fata)

Juara II : Muhammad Fadhil Hadi (Dayah Madinatul Fata)

Juara III : Hasbi Harizi (Dayah Raudhatul Hikmah Al-Waliyah)

Harapan I : Fikra Adilla (Dayah Darul Ulum)

Harapan II : M. Farhan (Dayah Nidhamul Fata)

Harapan III : Niswatul Husna (Dayah Mishrul Huda Malikussaleh).