Membaca Pikiran Kepala BNN Kota Banda Aceh

Oleh Bung Syarif*

Para pengiat Anti Narkotikan Banda Aceh tentu sangat familiar dengan sosok Perwira Tinggi Kepolisian Republik Indonesia, dari Kesatuan POLDA Aceh. Beliau bernama Kombes Pol Dr. Berdiansyah, SH,M.H Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banda Aceh.

Jumat, 22 Maret 2024 kami menyapa orang nomor wahid di BNN Kota Banda Aceh di ruang kerjanya. Jalinan silaturahmi kami berawal saat beliau memimpin Wadansat  Brimob Polda Aceh, lalu berlanjut saat beliau di mutasi menjadi Kabid Brantas di BNNP Aceh hingga kini.

Kombes Pol Dr. Beridiansyah, SH, M.H sangat terbuka menerima setiap tamu yang berkunjung ke kantor BNN Kota Banda Aceh. Kami banyak berdiskusi tentang komitmen beliau dalam pemberantasan  Narkotika di Kota Banda Aceh. Beliau sangat rajin membangun silaturrahmi dengan Mitra Bestari. Berbagai Lembaga dijalin komunikasi demi satu cita-cita mulia, advokasi rehabilitasi Narkotika.

Menyelamatkan generasi dari pengaruh Narkoba butuh sinergisitas dan kolaborasi. Ungkap perwira tinggi Polri dari Kesatuan POLDA Aceh.

Kombes Pol Dr. Beridiansyah, SH, M.H. sosok Kepala BNN yang religius dan ramah. Beliau lebih mengedepankan kesadaran warga untuk berani melapor pengguna Narkotika untuk di Rehabilitasi secara gratis dan sukarela di BNN Kota Banda Aceh. Ia menjalin kerjasama dengan RSUZA dalam upaya rehabilitasi pencandu Narkotika.

Pemuda Bumi Kawa (Oku) 22 Maret 1974 ini tercata sebagai Anggota Polri 1 Agustus 1999. Alumni S3 Universitas Jambi (UNJA), memiliki jenjang karir yang sungguh istimewa antara lain, Pama Polda Nusa Tenggara Timur (2000), Pama Sat Brimob Polda NTT (2001), Danton 1 KEI 1 Yon A Sat Brimob Polda NTT (2003), Kanit Protokol Spripin Polda NTT (2003),  Danki B Maumire Sat Brimob NTT (2004),  Pasi Lat Satbrimob Polda NTT (2006), Pama Polda Jambi (2007),  Danki 5 Sat Brimob  Polda Jambi (2008), Kasi Pers Satbrimob Polda Jambi (2010), Kasubbaggrenmin Satbrimob Polda Jambi (2011), Wadansat Brimob Polda Aceh (2022) dan Kabid Brantas BNNP Aceh (2023)., Kepala BNN Kota Banda Aceh (2023 hingga sekarang). Saat menjabat sebagai Kepala BNN Kota Banda Aceh, Ia telah menjali Silaturrahmi dengan berbagai Mitra Sukses diantaranya; Ketua DPRK Banda Aceh, Kepala Dina Sosial Kota Banda Aceh, Kejaksaan Kota Banda Aceh, Para Geuchik, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Kepala Dinas Kesehatan serta berbagai Komunitas Penggiat Anti Narkotika. Tentu kami sangat berterima kasih bisa membersamai Kepala BNN Kota Banda Aceh dalam Giat Anti Narkotika di Lingkungan Dayah, Sekolah dan Madrasah. Mungkin setelah lebaran Idul Fitri 1445 H beliau akan pamit dari BNN Kota Banda Aceh, karna sudah keluar Sprindik sebagai Kepala BNN Kota Jambi. Tinggal menunggu sertijab saja. Beliau pulang kampung dan kembali bermikim di Jambi, ungkap Berdiansyah. Tugas saya telah usai di Kota Banda Aceh dimana pondasi awal telah saya bangun. Membentuk Gampong Bersinar dengan harapan adanya kesadaran warga “Pageu Narkotika”. Memberikan pencerahan terhadap bahaya Narkotika di berbagai forum resmi dan giat kenegaraan bagi warga Kota Banda Aceh, sehingga punya kesadaran dan tanggungjawab yang sama dalam menyelamatkan generasi muda dari pengaruh Narkotika. Ini adalah tugas mulia. Tentu kami merasa kehilangan sosok yang luar biasa. Yang tak lama lagi akan hijrah memimpin BNN Kota Jambi. Sukses terus Komandan. Semoga pertemanan ini selalu mendapat Ridha Allah, Amiin

*Penulis adalah Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh, Ketua Komite Dayah Terpadu Inshafuddin, Mantan Aktifis 98, Dosen FSH UIN Ar-Raniry, Penggiat Anti Narkotika, Dirut Aceh Research Institute (ARI), Alumni Lemhannas Pemuda Angkatan I