Liga Santri Se-Kota Banda Aceh Segera Bergulir, Ratusan Santri Ikut Ambil Bagian

Banda Aceh- Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tahun, Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh menggelar Liga Santri/Even Olahraga Santri, ungkap Muhammad, S.Sos, MM Kadisdik Dayah Kota Banda Aceh melalui Kabid SDM dan Manajemen mengatakan kegiatan ini mengusung tema: “Meningkatkan Kreativitas dan Sportivitas Santri dalam berprestasi”.

Liga Santri ke-2 ini diikuti ratusan peserta dengan Cabor Futsal dan Badminton (Putra/Putri). Khusus Cabor Futsal pemainnya maksimal 14 orang per klub sementara Badminton masing-masing dayah maksimal mengirim 3 orang pemain putra/putri.

Dalam arahanya Muhammad Syarif, SHI, M.H kepada para official dayah saat membuka technical meeting, 14 Agustus 2024 di Balai Seumike berpesan agar seluruh peserta dan official menjaga sportivitas dan keamanan, buktikan Santri dan Guru dayah mampu menjadi pelopor kedamaian dan keguyuban dalam setiap event, khususnya dalam turnamen liga santri 2024. Kegiatan Liga Santri nantinya berpusat di Lapangan “SPORT CENTER dan BADMINTON’ (Jalan Residen Danubroto, Geuce Komplek Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh).

Adapun pesertanya berasal dari; Dayah Modern Babun Najah, Dayah Raudhatul Hikmah Al Waliyah, Darul Fikri Al Waliyah, Mini Aceh, Dayah Terpadu Inshafuddin, Darul Mufadzal Al Aziziyah, Darul Amin Al Waliyah, Markaz Al Ishlah Al Aziziyah, Al Athiyah, BTRG, Liwaul Mukhlisin, Al Huda, Al Fathani Darussalam, Mishrul Huda Malikussaleh, Al Mukmin serta Dayah Modern Darul Ulum. Secara teknis Liga Santri ini diberikan mandate penuh pada Even Organizer (EO) dengan penanggungjawab utamanya Muharrir, S.Pd.M.Pd, AIFO.

Penunjukan EO ini dinilai karna sukses melaksanakan Liga Santri pertama Tahun 2017. Jadi secara teknis dilapangan EO-lah yang bertanggungjawab penuh ungkap Muhammad Syarif yang juga Pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Banda Aceh.

Sementara official Dayah Rauhdatul Hikmah Al Waliyah Tgk Havizi mengatakan Insya Allah santri dayahnya akan sportif dan siap menjaga kenyamanan selama berlangsung acara, ini juga diamini Tgk Ahmad Faruqi official Dayah BTRG. Sementara Tgk. Maimun guru Dayah Modern Babun Najah berharap kegiatan Liga Santri ini dijadikan sebagai agenda Tahunan Disdik Dayah, ini juga diamini oleh Tgk. Budiarto, Guru Dayah Al Athiyah (Red)