Ketua MPU: Buku Ala Aminullah Perangi Rentenir Akan Jadi Media Syiarkan Ekonomi Syariah

Banda Aceh – Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh Tgk Damanhuri Basyir MAg mengaku terkesan dengan inovasi Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dalam memerangi praktek riba di Kota Banda Aceh.

Ia juga sangat mengapresiasi kiprah Wali Kota Aminullah Usman perangi tengkulak yang disusun dalam sebuah buku berjudul “Ala Aminullah Perangi Rentenir”.

Hal itu terungkap saat MPU Kota Banda Aceh berkunjung ke Pendopo Kota Banda Aceh, Jumat (19/7/2020).

Tgk Damanhuri Basyir sangat mendukung langkah-langkah yang telah dilakukan Ketua Umum MES Provinsi Aceh itu, baik secara pribadi maupun kelembagaan. Ia mengatakan program membasmi rentenir yang di gagas oleh Walikota Aminullah ini solusi sangat tepat, karena Aceh adalah negeri yang menerapkan Syariat Islam.

“Praktek riba ini di haramkan dalam agama Islam dan perbuatan yang sangat di benci oleh Allah, dan ini sangat bertentangan dengan Aceh yang berlandaskan syariah islam. Jadi gagasan Wali Kota sangatlah tepat,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, di dalam Islam itu ada sistem ekonomi syariah, yang mengatur serta menyelesaikan permasalahan ekonomi dengan cara-cara islam.

“Konsep yang di rintis Aminullah ini adalah konsep yang berlandaskan sistem ekonomi syariah, seperti membangun lembaga keuangan mikro PT Mahirah Muamalah Syariah (MMS). Kehadiran MMS sangat membantu umat dan menutup ketergantungan dengan rentenir,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua MPU kota ini juga mengapresiasi terbitnya Buku “Ala Aminullah Perangi Rentenir”.

Ia berharap buku ini menjadi referensi bagi daerah lain di Aceh untuk memerangi rentenir.

“Dan kami juga berharap Buku Ala Aminullah Perangi Rentenir bisa menjadi media dakwah dalam menyebarluaskan sistem ekonomi syariah ke tengah-tengah umat,” harap Tgk Damanhuri Basyir yang juga ikut menulis apresiasinya di halaman kata pengantar dalam buku tersebut.(Sae)