Kakanwil Silaturrahmi Ke Abu Mudi Bahas Pembangunan Bidang Agama

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh sowan ke rumah ulama Aceh, Tgk. Hasanoel Basri atau Abu Mudi di Dayah Mudi Mesra Samalanga, Bireuen, Sabtu (28/10). 

Dalam kesempatan itu, Kakanwil bersama Abu Mudi berdiskusi soal pembangunan bidang Agama di Bumi Aceh. 

Diantara pembahasan tokoh Ulama dan Umara tersebut tentang upaya peningkatan mutu Ma’had Aly di Aceh, agar peran dan fungsinya kian dirasakan oleh Masyarakat. 

Saat ini Kementerian Agama  RI telah mengeluarkan SK 26 Ma'had Aly dari 34 provinsi se Indonesia, dua diantaranya ada di Aceh, pertama Ma'had Ali Dayah Mudi Mesra Samalanga dengan program takhasus Fiqh dan Ushul Fiqh dan Ma'had Aly Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng, dengan takhassus tafsir wa ulumuhu dan fiqh wa usulihi. 

"Kita berharap kedepan Ma'had Aly di Aceh Bertambah dan ada pemerataan, seperti Wilayah Barat Selatan dan juga Tengah,"ujar Kakanwil.

Menurut Kakanwil, Ma'had Aly merupakan wujud pelembagaan sistemik tradisi intelektual pesantren tingkat tinggi yang keberadaannya melekat pada pendidikan pesantren, sehingga perlu dilakukan beberapa langkah untuk memajukan Ma had Ali tersebut, sehingga ia bisa menjadi menjadi pusat kajian keilmuan ke-Islaman dan ke-pesantrenan secara sekaligus.

Hal tersebut tersebut disambut baik oleh Abu Mudi yang didampingi sejumlah Civitas Dayah Mudi Mesra. 

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Kakanwil menyampaikan gagasan tentang wacana menjadikan Dayah sebagai Sentral pembinaan  Manasik bagi Calon Jamaah Haji, dimana nantinya akan dibentuk sebuah Lembaga semacam KBIH, akan tetapi lembaga ini lebih kepada pembinaan calon jamaah bukan orientasi Bisnis. 

Gagasan tersebut disambut baik Abu Mudi, bahkan tokoh ulama Aceh itu meminta Abiya Anwar untuk melengkapi bahan agar program tersebut dapat segera dilaksankan. 

Pertemuan Kakanwil dengan Abu Mudi juga didampingi sejumlah dewan Guru Dayah Mudi Mesra dan pimpinan Ma had Ali Dayah Darul Munawwarah,  Abiya Anwar. Pertemuan tersebut berlangsung penuh keakraban, layaknya seorang murid bertemu Guru. 

Dalam pertemuan tersebut juga membahas sejumlah perkembangan isu terkini seputar keagamaan di Aceh

Sumber : http://aceh.kemenag.go.id