Juara MQK Santri Dayah Tingkat Kota Banda Aceh Tahun 2019 Di Dominasi Dayah Madinatul Fata

Berbagai terobosan terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Dayah Kota Banda Aceh di bawah pimpinan Tgk Tarmizi M Daud SAg MAg.

Setelah sukses melaksanakan program santri Tahfidz, Festival Kreativitas Santri Dayah serta event olahraga santri Dayah Tahun 2019, Disdik Dayah Banda Aceh bekerjasama dengan Disdik Dayah Aceh melaksanakan lomba Musabaqah Qira`atil Kutub (MQK) antar santri dayah se-Kota Banda Aceh yang berlangsung sejak tanggal 24-26 April 2019 di Komplek Dayah Darul Ulum, Jambo Tape. Kegiatan MQK dibuka langsung oleh Bapak M.Riza, MM Staf Ahli Walikota Banda Aceh, dihadiri oleh ratusan santri dayah, para pejabat Disdik Dayah Aceh dan Kota Banda Aceh serta para pimpinan Dayah.

Kegiatan yang diikuti oleh 40 santri dayah se-Kota Banda Aceh dibiayai dana otsus, ungkap Muhammad Syarif, SHI,M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah. Lebih lanjut syarif mengatakan Pelaksanaan MQK ini adalah yang kedua, dimana pada Tahun 2018 dilaksanakan di Dayah Terpadu Inshafuddin.

Syarif mengatakan pelaksanaan lomba MQK kali ini mengangkat tema:” Dari Dayah untuk penguatan karakter dan kepribadian bangsa”, yang diikuti oleh 40 santri dayah se-Kota Banda Aceh dengan umur 15-24 tahun dengan Kitab yang dilombakan adalah Fathun Mu`in (Bidang Fiqh). Adapun tujuan pelaksanaan lomba MQK antaralaian: melatih kemampuan santri dalam membaca dan memahami kitab gundul, mengevaluasi penerapan kurikulum dayah sesuai Perwal Nomor 43 Tahun 2017 serta mengasah ketajaman nalar santri guna memahami teks dan konstektual, “pungkas Syarif.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, ditutup langsung oleh Bapak Muhammad Nasir Kabid Pengembangan Santri Disdik Dayah, sekaligus pembagian hadiah pemenang lomba. Para pemenang memperoleh uang pembinaan dan tropy, serta juara I menjadi utusan Kota Banda Aceh untuk bertanding pada event Musabaqah Qiraatil Kutbub Tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung pada bukan oktober 2019. Adapun pemenang MQK Tingkat Kota Banda Aceh antara lain:

Juara I : Muhammad Hanif (Dayah Madinatul Fata)

Juara II : Muhammad Fadhil Hadi (Dayah Madinatul Fata)

Juara III : Hasbi Harizi (Dayah Raudhatul Hikmah Al-Waliyah)

Harapan I : Fikra Adilla (Dayah Darul Ulum)

Harapan II : M. Farhan (Dayah Nidhamul Fata)

Harapan III : Niswatul Husna (Dayah Mishrul Huda Malikussaleh)