Farid Wajdi: Paket Lengkap Itu Ada Di Dayah

Mantan Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi MA, mengatakan lembaga dayah itu kuat, punya ulama yang mengerti persoalan agama dan mengerti soal ilmu umum serta punya modal politik sebagai panutan masyarakat.

“Memang paket lengkap itu ada di dayah. Saya meminta agar kalangan dayah lebih percaya diri mengambil peran sebagai pemimpin untuk dapat berkontribusi terhadap negara, ujarnya.

Hal ini disampaikan Farid saat menjadi pemateri pada acara seminar hari santri di Hotel Oasis Banda Aceh, Sabtu 19 Oktober 2019.

Akademi UIN Ar-Raniry itu melanjutkan masyarakat dalam melihat ulama dan santri harus secara komprehensif.

“Saat ini ada ulama yang mampu membangkitkan ekonomi dayah, ada santri dengan Kreatifitasnya sudah mampu memproduksi peci, pakaian, tas dan lain sebagainya. Ini terbukti ulama dan santri tidak hanya mampu di bidang agama, namun juga mampu membangkitkan ekonomi umat,” ujarnya.

“Maka siapapun tidak boleh mendiskreditkan santri dan ulama dalam membangun negara ini. Mereka punya potensi, malah kalau kita mau mengakuinya, potensi mereka lebih bagus daripada kita,” ujar mantan Rektor UIN Ar-Raniry itu.

Sementara itu, mewakili Kementerian Agama RI, Muhtadin mengatakan pendidikan paling utama yang didapat oleh santri di dunia pesantren atau dayah adalah pendidikan karakter.

“Kita sangat mengharapkan kepada santri agar terus berkontribusi untuk negara dan masyarakat serta berdedikasi untuk menumbuhkembangkan rasa cinta yang besar kepada tanah air,” katanya. []

Sumber:atjehwatch.com