Disdik Dayah Kota Banda Aceh Akan Laksanakan Workshop Akreditasi Dayah.

Banda Aceh-Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh akan menyelenggarakan Workshop Akreditasi Dayah bagi sekretaris dan guru dayah yang akan berlangsung di Hotel Grand Permata Hati pada tanggal 11-12 Juni 2024 mendatang.

Kegiatan yang bertemakan Mewujudkan Tata Kelola Dayah yang Profesional dan Akuntabel menghadirkan pemateri yang profesional diantaranya, unsur Pimpinan Majelis Akreditasi Dayah Aceh dan Asesor Akreditasi Dayah Aceh, serta diikuti oleh 50 peserta dari seluruh dayah di Kota Banda Aceh.

Kepala Disdik Dayah Kota Banda Aceh, Muhammad, S.Sos, MM mengatakan kegiatan ini dinilai strategis, karna keberadaan Badan Akreditasi Dayah Aceh sebagai lembaga independen yang kini diberi mandat sesuai Qanun Aceh guna melakukan Akreditasi Dayah se- Kab/Kota di Aceh.

Tentunya Worshop Akreditasai Dayah selama dua hari nantinya akan menambah dan menyegarkan kembali ingatan guru dayah dalam pemenuhan instrument Borang Akreditasi Dayah Tahun 2024.

Lebih lanjut Muhammad mengatakan nantinya peserta akan memahami dengan utuh terkait kebijakan akreditasi dayah, langkah-langkah pengusulan akreditasi dayah Tahun 2024 serta memahami lebih dalam instrumen borang penilaian akreditasi dayah, karna yang ajarkannya adalah orang-orang pilihan yang diberi mandat dan kewenangan menjalankan tupoksi Akreditasi Dayah.

Dengan harapan seluruh peserta nantinya mampu melengkapi usulan akreditasi dayah dan meraih nilai maksimal sesuai standar, prosedur, kebijakan areditasi dayah Aceh. Alhamdulillah dayah-dayah yang ada di Banda Aceh kini telah mengalami kemajuan siknifikan beberapa dayah sudah naik tipe dari B menjadi A, Tipe C naik menjadi B dan Nontipe menjadi C. Tentunya kita dorong nantinya sebanyak 40 dayah yang ada di Banda Aceh minimal Tipe C, ungkap Muhammad, S.Sos, MM (Red)