Disdik Dayah Banda Aceh Unggul Dalam Bidang ODBA

Kementerian PPN/Bappenas RI menetapkan Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai pilot project Open Goverment Indonesia (OGI) yang juga menjadi salah satu program prioritas Presiden Jokowi. Selain itu, Banda Aceh juga diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam Open Goverment Partnership (OGP) secara global.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Aparatur Negara Kementerian PPN/Bappenas Siliwanti kepada Peserta Forum OGP, Aula Balai Kota, 4 Februari 2016. Menurut Siliwanti, saat ini Seknas OGI sedang menyusun Rencana Aksi OGI 2016-2017 yang akan mencakup komitmen dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. “Kami ingin menjajaki kemungkinan Pemko Banda Aceh menjadi satu dari empat daerah percontohan yang kami ajak terlibat dalam OGI”

“Nilai unggul program ini adalah bagaiman kita secara bersama-sama dengan masyarakat membangun suatu pemerintahan yang terbuka. Sementara untuk OGP, Indonesia salah satu pemrakarsanya, dan kita mewakili Asia dalam forum yang beranggotakan 69 negara ini.”

Dalam konteks Lokal Banda Aceh telah mengembangkan Aplikasi ODBA (Open Data Banda Aceh) merupakan layanan portal Katalog Open Data Pemerintah Kota Banda Aceh yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan data dengan format data terbuka. Kehadiran Aplikasi ini dirasakan mampat oleh pemangku kepentingan.

Lahirnya Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia mengamahkan bahwa data harus memenuhi standar data, meta data dan dapat dibagi pakaikan antar instansi produsen data melalui interoperabilitas data yang akan memudahkan untuk diakses dan dimanfaatkan oleh pengguna data, sekaligus merupakan jawaban akan pentingnya data dalam era indutri 4.0 yang saat ini menjadi tantangan. Karena itu Muhammad Syarif, SHI,M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah yang juga Admin Portal Satu Data yang baru mendapat penyegaran Ilmu lewat Bimtek Admin Poltal Satu Data terus memberikan suguhan informasi yang terbaik. Hasil Monev portal ODBA Tahun 2019 menujukan Disdik Dayah Banda Aceh unggul diurutan teratas dari 46 SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh. (Az)