Aminullah Tegaskan Dukungan Kepada Pemerintah Aceh Dalam Mengantisipasi Corona

“Usulkan Penutupan Tempat Keramaian di Seluruh Aceh”

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan dirinya mendukung penuh upaya-upaya Pemerintah Aceh dalam mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Aminullah pun siap mendukung setiap arahan atau kebijakan yang diambil Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah untuk Kota Banda Aceh.

Begitu pula dengan instruksi penutupan tempat keramaian di Banda Aceh yang suratnya ditandatangani langsung oleh Plt Gubernur Aceh. “Begitu surat itu keluar, malamnya langsung kita eksekusi,” kata Aminullah, Senin 23 Maret 2020.

Hanya saja, menurut Aminullah, upaya memutus mata rantai virus yang menyerang sistem paru-paru manusia ini semestinya dilakukan secara menyeluruh. “Sekarang Warkop di Banda Aceh sudah tutup, tapi warga ramai-ramai ke luar kota untuk ngopi karena di sana juga banyak Warkop.”

Oleh sebab itu, upaya mengantisipasi virus Corona tidak akan efektif karena titik konsentrasi keramaiannya masih ada. “Maka sebaiknya, usulan saya agar kebijakan penutupan tempat keramaian diberlakukan di seluruh kabupaten/kota di Aceh supaya potensi penyebaran Corona dapat kita antisipasi bersama,” katanya.

Dirinya pun meyakini instruksi tersebut akan dipatuhi oleh masyarakat, “Apalagi yang menerbitkan suratnya Pak Gubernur. Saya mendukung beliau 100 persen agar seluruh masyarakat Aceh dapat terhindar dari virus yang telah ditetapkan sebagai pandemik oleh WHO ini,” katanya lagi seraya mengatakan usulan tersebut bukan bermaksud mengkritisi, tapi demi kemaslahatan bersama.

Adapun penutupan tempat keramaian di Banda Aceh telah dilakukan sejak Minggu 22 Maret 2020 hingga 14 hari ke depan, dan dapat diperpanjang jika diperlukan. Tempat keramaian yang ditutup meliputi kawasan Pantai Ulee Lheue, cafe, warung kopi, karaoke, wahana permainan, dan tempat hiburan lainnya. (Jun)