9 Santri Dayah Insan Qur’ani Wakili Aceh Ke MQK Nasional

Sebanyak 9 santri Dayah Insan Qur’ani berhasil meraih juara 1 pada seleksi Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) tingkat Provinsi Aceh Tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Provinsi Aceh di Hotel Jeumpa, Lampineung, Banda Aceh sejak 18-20 September 2017.

Atas perolehan tersebut, kesembilan santri Dayah Insan Qur’ani tersebut akan mewakili Aceh pada event Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) Nasional tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada akhir tahun ini di Jepara Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan oleh, Ustazah Risna Wardani guru Dayah IQ sekaligus pendamping santri pada event tersebut dalam rilisnya kepada Klikkabar.com, Kamis, 21 September 2017.

“Alhamdulillah ada sembilan santri kita yang akan menjadi duta Aceh untuk event Qiraatul Kutub tingkat Nasional, dari sekarang kita juga akan melaksanakan pelatihan intensif,” Kata Risna yang merupakan Mantan Juara Qiraatul Kutub tingkat Provinsi Aceh.

Sementara pimpinan Dayah Insan Qur’ani, Ust. Muzakkir Zulkifli bersyukur dan bangga dengan perolehan prestasi anak didiknya.

“Ini Sebuah prestasi yang membanggakan keluarga besar Dayah IQ, anak-anak mampu menunjukkan prestasinya, mereka mampu bersaing dengan pesantren yang sudah mapan, seperti Dayah Mudi Mesra Samalanga, Darussalam Labuhan Haji, Dayah Cot Trueng Aceh Utara dan Dayah Darul Ihsan,” ujar Ust. Muzakkir.

Ia juga menjelaskan, bahwa pada even kali ini Dayah IQ tidak mengikuti cabang debat dengan tujuan lebih fokus fokus pada Qiraatul Kutub.

“Ini semua anugerah Allah atas usaha anak-anak dan bimbingan ustaz dan ustazah. Kita harap anak-anak tetap belajar untuk bersaing di tingkat nasional..sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk Aceh,” tutup Ust. Muzakkir.

Berikut nama-nama santri Dayah Insan Qur’ani yang akan mewakili Aceh pada Event MQK Nasional:

Marhalah ula

1. Hafizul aziz majelis tarikh
2. M. Ihwal fikri majelis nahwu
3.Welda farhani majelis akhlak
4.Nacsiatul fadhillah majelis tauhid

Marhalah wustha

5.Rijalul ghifar majelis hadis
6.Ayu mahbengi majelis hadis
7. Fajrul nuri majelis ushul fiqh
8. Musrifa saldi majelis tauhid

Marhalah ulya

9. Zikrina majelis hadis

Sumber: Klikkabar.com