8 Santri Dayah Madinatul Fata Raih Juara MQK-II Tingkat Provinsi Aceh

Sebanyak 8 orang peserta MQK-II Kafilah Banda Aceh yang berasal dari Dayah Madinatul Fata Gampong Lampeot, Kecamatan Banda Raya raih juara MQK-II Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021.

Sebagaimana dipahami Banda Aceh mengirim 20 peserta disemua cabang. Sebanyak 9 orang peserta berasal dari dayah Madinatul Fata, selebihnya berasal dari Dayah Babun Najah sebanyak 3 orang, Mini Aceh sebanyak 2 orang, Mabdaul Ulum Al Aziziyah sebanyak 5 orang dan Darul Fikri Al Waliyah sebanyak 1 orang santri.

Semua Cabang Kafilah Banda Aceh masuk finalis dan didominasi oleh Dayah Madinatul Fata. Kemudian disusul Dayah Babun Najah sebanyak 3 peserta semuanya masuk finalis, Dayah Mabdaul Ulum Al Aziziyah dari 5 orang utusan, sebanyak 4 orang masuk finalis, Mini Aceh dari 2 orang peserta, 1 orang masuk Finalis, ungkap Alizar, S.Ag, M.Hum Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh melalui Muhammad Syarif, SHI,M,H Ketua Kafilah MQK-II Tingkat Provinsi Aceh.

Ini sejarah baru, dimana Kafilah MQK-II Banda Aceh berhasil meraih peringkat kedua yang sebelumnya di Tahun 2019 hanya berada di peringkat kelima diajang Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) Tingkat Provinsi Aceh.

Trend perkembangan dayah di Banda Aceh semakin mengembirakan. Khususnya Dayah Madinatul Fata sebagai salah satu dayah salafiyah (tradisional) terbaik di Kota Banda Aceh, santrinya bukan hanya berasal dari seluruh Kab/Kota di Aceh akan tetapi juga berasal dari Malaysia.

Kemampuan santri dalam penguasaan kitab turats di Dayah ini yang merupakan Cabang Ruhul Fata, Seulimum Aceh Besar ini sudah terbukti. Setiap event Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) Tingkat Provinsi Aceh, Dayah ini selalu mengharumkan nama Kota Banda Aceh.