13 Santri Tahfidz Qur`an Binan Pemko Banda Aceh Tuntaskan Pendidikan Di Luar Negeri

Banda Aceh-Delapan santri tahfidh Alquran Ma’had Tahfidh An-Nur dari Markaz Yala Thailand binaan Baitul Mal Kota Banda Aceh telah menyelesaikan masa studinya selama tiga tahun di Thailand.

Kepulangan mereka pada Selasa (24/11/2020) disambut hangat oleh Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Asqalani S. TH, dan Kepala Sekretariat, Wahyudi, serta jajarannya di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.

Anggota Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh sekaligus Divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan, Hj. Aisyah M. Ali mengatakan, program Tahfidh Alquran Luar Negeri ini merupakan program Baitul Mal Kota Banda Aceh bagi senif Fii Sabilillah sejak tahun 2017.

Saat ini, BMK mengirimkan sebanyak 13 santri untuk belajar Tahfidh Quran di dua negara yaitu Malaysia sebanyak lima orang  dan Thailand delapan orang.

Dijelaskannya, mereka merupakan anak-anak dari berbagai gampong di Kota Banda Aceh yang sebelumnya telah melewati proses penyeleksian dan saat mereka menempuh pendidikan, BMK menanggung semua biaya, mulai dari visa, SPP, dan biaya hidup. 

“Alhamdulillah, hari Selasa, kami telah menjemput langsung ke bandara kepulangan delapan santri tahfidh Quran dari Thailand. Selamat berkumpul dengan keluarga masing-masing, kami harapkan kalian dapat berkontribusi untuk kota kita tercinta ini,”lanjutnya di ruang kerjanya Rabu (25/11/2020).

Dirinya berharap, semoga semakin banyak Muzakki yang tergerak hatinya untuk mengeluarkan zakatnya, sehingga semakin banyak pula anak-anak di Kota Banda Aceh ini yang dapat diberikan beasiswa serupa.  Sementara Muhammad Syarif, SHI, M.H Kabid SDM dan Manajemen mengatakan Walikota Banda Aceh, Bapak Aminullah Usman, SE, AK MM memiliki komitmen yang tinggi dalam mencetak generasi qur`ani di Kota Banda Aceh. Langkah-langkah taktis dan strategispun dilakukan melalui dinas terkait seperti program santri tahfidz, pembentikan lembaga Sertifikasi Tahfidz Qur`an guna mencetak 1000 Santri Tahfidz selama 5 Tahun kedepan yang nantinya dijadikan sebagai kader Imam di Masjid Gampong se-Kota Banda Aceh, ungkap Mantan Kepala UPTB e-Kinerja PNS Kota Banda Aceh (SM)