Wisatawan Asal Malaysia Kagum Warga Banda Aceh Zikir Di Pendopo Wali Kota

Jumat (12/7/2019) malam, zikir kembali menggema di pendopo Wali Kota Banda Aceh. Jamaah dari berbagai penjuru kota datang dan mengikuti kegiatan rutin ini dengan khusyuk.

Selain diikuti warga kota, zikir kali ini juga diramaikan oleh wisatawan asal Malaysia. Sebanyak 26 wisatawan berasal dari Universitas Sains Malaysia (USM) yang dipimpin DR Abdul Hakim Bin Mohad sebagai ketua rombongan datang dan bergabung menggemakan zikrullah di kediaman resmi Wali Kota Banda Aceh.

Kedatangan tamu dari negeri jiran disambut langsung oleh Wakil Wali Kota, Drs H Zainal Arifin bersama Ketua Majelis Zikir dan Pengajian Gemilang (MPG) Kota Banda Aceh,  Ustad Jumaris S Ag dan para jamaah zikir lainnya.

“Selamat datang di pendopo Wali Kota, pendopo ini bukan hanya berfungsi sebagai kediaman resmi Wali Kota tapi juga sebagai tempat pemimpin kami bertemu menyambut warga yang ingin menemuinya. Pendopo ini juga dijadikan tempat untuk menggelar kegiatan dakwah, seperti zikir dan pengajian gemilang,” ujar Wakil Wakil Wali Kota, Zainal Arifin saat menyampaikan sambutannya mewakili Wali Kota yang disaat bersamaan sedang berada di Bener Meriah mengikuti kegiatan PIPMG se Aceh.

Kata Zainal Arifin, Pemerintahan Amin-Zainal terus berupaya mewujudkan visi-misi seperti yang telah disampaikan pada saat kampanye dulu.

“Pak Wali Kota dan Saya sebagai Wakil akan terus bekerja keras untuk mewujudkan cita cita kita bersama, yakni mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah. Termasuk didalamnya prioritas pembangunan sektor agama, salah-satunya cita cita kita ingin menjadikan Banda Aceh sebagai kota zikir,” kata sosok yang akrab disapa Cek Zainal ini.

Sesaat sebelum zikir dimulai, Tgk Fahmi Sofyan menyampaikan tausyiah singkat. Tausyiah yang disampaikan malam itu adalah indahnya memaknai perbedaan yang menjadi iktibar bagi segala insan.

Setelah itu, zikir dan doa dipimpin Tgk H Kamaruzzaman (Abu Ilie), Pimpinan Dayah Darul Amin Al Waliayah, yang juga tercatat sebagai Dewan Pembimbing Majelis Zikir Gemilang (MPG).

Wisatawan Malaysia Mengaku Terkesan

Ketua rombongan dari Malaysia, DR Abdul Hakim Bin Mohad mengaku terkesan dan terkesima dengan program Pemerintahan Amin-Zainal menggelar kegiatan zikir di kediaman resmi Wali Kota.

Tamu dari Malaysia ini merasa kagum dan terkesima terhadap kegiatan ini. “Saya dan teman-teman sangat terkesima dapat melihat langsung dan bisa bergabung berzikir bersama di sini. Akan sangat terharu bagi kami kalau zikir seperti ini bisa dilakukan di istana pemimpin kami,” ujarnya.

DR Abdul Hakim Bin Mohad mengatakan kegiatan zikir seperti ini sepatutnya ditiru dan dilaksanakan juga di negeri-negeri lainnya.

“Saya akan menceritakan pengalaman kami ini saat kembali ke Malaysia, dan akan mengabarkan dimanapun Saya beraktivitas. Akan Saya sampaikan hal yang sangat spekatakuler ini kepada orang lain” tambahnya.

Ia juga mengatakan, ini merupakan pengalaman pertama bertemu seorang pemimpin yang mengajak warganya hadir berzikir di kediamannya.

“Saya dan rombongan baru pertama kali datang ke Aceh,  yang kami dengar sangat indah kotanya. Dan sangat rukun warganya dengan penerapan syari’at Islamnya. Dan ternyata benar adanya, bahkan lebih dari apa yang kami bayangkan,” kata DR Abdul Hakim Bin Mohad. (mkk)