Wali Kota Apresiasi Dukungan Gampong Pada Maulid Raya Banda Aceh

Banda Aceh – Semarak umat islam dalam memperingati kelahiran nabi Muhammad SAW tidak lepas dari berbagai rangkaian kegiatan.

Pemerintah kota Banda Aceh punya cara unik dalam merayakan maulid itu sendiri, yaitu dengan menyiapkan masakan khas Aceh, yakni hidang kepada 25.000 undangan.

Para jajaran dinas Pemko Banda Aceh dan seluruh gampong ikut berkontribusi dalam hal ini, terdapat 90 gampong dari sembilan kecamatan di kota Banda Aceh yang ikut mengantar hidang untuk Maulid Raya, Rabu (06/02/19) di Lapangan Blang Padang.

Tak hanya itu, arakan hidang ini akan diberi penilaian oleh dewan juri, untuk para gampong yang menyajikan idang terbaik akan diberikan hadiah berupa uang tunai dengan total Rp. 36 juta.

Aminullah dalam sebuah wawancaranya, menyampaikan tujuannya dengan mengadakan even-even pada Maulid Raya adalah untuk membangkitkan semangat masyarakat khususnya, dan menjadikan daya tarik wisatawan dunia umumnya.

“Selain ajang silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat, ini akan menjadi contoh sebagai wisata dengan nuansa islami.” kata Aminullah.

“Maulid Raya ini memberikan hikmah buat kita semua” tambahnya.

Menurutnya, Maulid Akbar ini adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat. Disamping itu beliau berharap, acara ini akan menarik perhatian dunia terhadap kota Banda Aceh yang kental akan nuansa islaminya.

Gampong Mulia Juara Terbaik

Gampong Mulia dinobatkan sebagai juara terbaik satu dalam rangka lomba hidang maulid Raya 1440 H Kota Banda Aceh.

Berdasarkan kriteria yang dinilai yaitu, bentuk meuglong/merubeng, hiasan khas aceh, hidang ditandu terbuka, untuk penilaian hidangan ini melibatkan Majelis Adat Aceh (MAA).

Bagi peserta yang dinilai kelengkapan dan kekompakkan peserta penggiring hidangan, rapi dan seragam. Bidang kebudayaan Disdikbud sebagai juri penilai. Penilaian juga melibatkan Dinas Syariat Islam dan Dinas Pariwisata untuk kriteria nilai tambahan.

Berikut pemenang lomba dan hadiah yang diterima:

Juara I gampong Mulia, dengan nilai 77 (Rp. 10.000.000) Juara II gampong Lambhuk, dengan nilai 76,5 (Rp. 8.000.000) Juara III gampong Cirih, dengan nilai 73,5 (Rp. 6.500.000) Harapan I gampong Lam Ara, dengan nilai 73 (Rp. 4.500.000) Harapan II gampong Suka Damai, dengan nilai 72,5 (Rp. 4.000.000) Harapan III gampong Peuniti, dengan nilai 70 (Rp. 3.000.000).