Terapkan Protokoler Kesehatan, Pemerintah Aceh Bagikan 150 Ribu Masker Ke 118 Dayah

Dinas Pendidikan Dayah Aceh mendistribusikan sebanyak 150 ribu lembar masker ke 118 Dayah di Aceh. Pembagian ini sebagai wujud ikhtiar Pemerintah Aceh dalam mengurangi penyebaran covid-19 di Aceh, khususnya di lingkungan dayah.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny mengatakan, masker yang dibagi merupakan dayah-dayah yang telah dikonfirmasi bersedia memakai masker.

“Untuk tahapan selanjutnya, akan dibagikan lagi kepada dayah lainnya sesuai dengan ketersediaan masker yang masuk ke Pemerintah Aceh,” kata Usamah El Madny saat menyerahkan masker kepada pimpinan Dayah Ulee Titi Aceh Besar di Lobi Kantor Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Senin (21/9).

Usamah mengatakan, masker yang diserahkan itu dapat dibagikan kepada guru dayah dan juga santri dayah yang sedang mondok. Selain itu, dalam kesempatan ini juga dibagikan hand sanitizer, spanduk dan juga brosur ajakan memakai masker. Usamah meminta kepada pimpinan dayah agar menyerukan kepada masyarakat untuk menggunakan masker dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

“Dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak maka kita menjaga keselamatan diri sendiri dan juga menjaga keselamatan orang lain,” tambah Usamah El Madny.

Usamah berharap untuk kesekian kalinya agar para pimpinan dayah se-Aceh dapat membantu Pemerintah dalam mensosialisasikan pentingnya menegakkan protokol kesehatan saat pandemi seperti ini. Pasalnya, jumlah penderita covid-19 di Bumi Serambi Mekkah semakin meningkat. Oleh karena itu, kata Usamah, perlu keterlibatan semua pihak. Apalagi pimpinan dayah memiliki peran penting dalam mengkampanyekan gerakan sadar menjaga protokoler kesehatan.

Usamah juga mengajak seluruh pimpinan dayah agar selalu memanjatkan doa agar wabah covid-19 segera berakhir.

“Peran pimpinan dayah sangat dipercaya oleh kalangan masyarakat Aceh. Inilah saatnya untuk mengkampanyekan keselamatan semua di tengah pandemi covid-19,” katanya lagi. []