Santri Dayah Madinatul Fata Kota Banda Aceh Raih Beasiswa Kementerian Agama Republik Indonesia

Dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya santri di seluruh Indonesia. Kementrian Agama Republik Indonesia, menyelenggarakan Program beasiswa bagi santri Dayah/Pesantren diseluruh Indonesia. Program tersebut dijalankan sejak Tahun 2016. Dimana mekanisme perolehan beasiswa tersebut diformulasikan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan penerima mamfaatnya adalah Santri Dayah/Pesantren. 

Usulan penerima mamfaat berasal dari Kab/Kota yang memiliki Dayah/Pesantren. Pendataan Santri dilakukan oleh Kementriang Agama Kab/Kota yang kemudian diusulkan kepada Kanwil Kemenang Prop.Aceh dan selanjutnya dikirim kepada Kementrian Agama Republik Indonesia c/q Direktorat PD Pontren. Adapun Syarat penerima program KIP ini adalah santri tersebut mondok pada Pesantren/Dayah dan tidak belajar/sekolah ditempat lain. 

Berdasarkan hasil evaluasi Tim Kementrian Agama Kota Banda Aceh untuk tahun 2017, hanya 5 orang santri yang berhak memperoleh bantuan beasiswa dari total usulan 25 orang.

Ke-5 santri tersebut semuanya berasal dari Dayah Madinatul Fata Kota Banda Aceh. Penyerahan tersebut langsung diserahkan oleh Kasi PD Pontren Kanwil Kementrian Agama Aceh Bapak H. Rusyidi di Aula Kanwil Kementrian Agama Kota Banda Aceh, Rabu 1 Maret 2017. 

Kegiatan tersebut juga disaksikan oleh Kasi PD Pontren Kementrian Agama Kota Banda Aceh Drs. Abdul Syukur, M.Ag dan Kepala Bidang Pembinaan SDM dan Manajemen Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh, Muhammad Syarif, SHI.,M.H, Kasi  TPQ Drs. Tarmizi Sulaiman.

Abdul Syukur mewakili Kanmenag Kota Banda Aceh berharap agar kedepan Banda Aceh menerima qouta lebih terkait dengan program kartu Indonesia Pintar.