H-2 Lebaran, Amin-Zainal Sidak Pasar Aceh

Rabu (13/6/2018), bertepatan dengan H-2 Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan wakilnya Zainal Arifin melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Aceh Shopping Center.

Kedatangan Amin-Zainal guna memantau kondisi dan kesiapan pusat perbelanjaan terbesar di Aceh ini dalam menghadapi momen lebaran. Didampingi Sekda Bahagia dan sejumlah Kepala SKPK terkait, pemantauan berlangsung sekira satu jam mulai dari jam 14.00-15.00 WIB.

Keduanya pun memanfaatkan kesempatan itu untuk berdiskusi langsung dengan para pedagang dan pembeli di sana yang tengah bertransaksi berbagai kebutuhan lebaran.

Menurut Aminullah, menjelang lebaran tahun ini terjadi peningkatan daya beli masyarakat dibandingkan beberapa tahun yang lalu. “Informasi yang kita dapatkan dari para pedagang begitu. Peningkatan daya beli ini juga dipengaruhi insentif atau tunjangan tambahan dari pemerintah khususnya bagi PNS.”

“Kondisi perdagangan di malam hari juga tak kalah ramai dibandingkan siang hari. Malah menurut salah satu pedagang tadi, ada pembeli yang datang khusus dari daerah pantai barat-selatan Aceh untuk membeli pakaian dan kebutuhan lainnya di Pasar Aceh ini,” katanya.

Atas kondisi perdagangan di Banda Aceh yang semakin menggeliat, Aminullah mengungkapkan rasa syukurnya dan berharap kondisi ini dapat terus stabil dan semakin meningkat di masa yang akan datang. “Geliat pasar selama Ramadan dan menjelang lebaran tahun ini luar biasa.”

Dan memang sudah menjadi komitmen pihaknya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, baik dari sisi permodalan melalui PT MMS -lembaga keuangan mikro syariah milik Pemko Banda Aceh, maupun peningkatan SDM angkatan kerja melalui BLK dan Baitul Mal.

“Pasar yang begitu ramai ini juga merupakan salah satu bukti keberhasilan Pemko Banda Aceh dalam meningkatkan gairah ekonomi masyarakat yang tentunya akan semakin menarik minat investor untuk berinvestasi di kota kita,” katanya seraya meminta para pedagang untuk tetap berjualan dengan tertib dan senantiasa ramah kepada pembeli. (*)