Dinas Pendidikan Dayah Gelar Pelatihan Usaha Kesehatan Dayah Se-Aceh

Dinas Pendidikan Dayah Aceh melalui Bidang Manajemen dan Pengasuhan menggelar pelatihan usaha kesehatan dayah (UKD) tahun 2018, Senin (9/7/2018). Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini terdiri dari angkatan I dan angkatan II yang diikuti se Provinsi Aceh di Hotel Mekkah, Banda Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny, mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim khusus yang terdiri atas unsur Dinas Kesehatan, tenaga professional pada BPSPAM Regional Aceh, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banda Aceh dan Kesling Poletekkes Aceh.

“Pelatihan kali ini bertujuan para santri dayah-dayah ini akan memahami arti penting dari pola hidup bersih dan sehat di lingkungan dayah. Kita harapkan nanti santri yang sudah mengikuti pelatihan ini bisa menerapkan dan menjaga kesehatan anak didik atau santri dayah sehingga menciptakan suasana dayah yang bersih dan sehat,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny.

Dalam sambutannya, Kadis Usamah ini menyampaikan, pelatihan ini selain meningkatkan ukhuwah antar sesama dayah, juga memupuk kebiasaan berperilaku bersih dan sehat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari di lingkungan dayah. Untuk memupuk perilaku hidup bersih dan sehat itu, para santri juga nantinya memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat. Hal ini bertujuan agar mereka dapat berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan dayah.

“Dengan adanya sikap dan rasa kepedulian mereka terhadap kebersihan di lingkungan dayah ini bisa menjadi contoh dan suri tauladan positif, baik terhadap sesama dayah maupaun dengan masyarakat di lingkungan sekitar” ujar Kadis Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny.(sumber acehtrend.com)