Darul Ulum Miliki Unit Kesehatan Dayah Terbaik Di Aceh

Dayah Modern Darul Ulum (Ma’hadu Daarul Ulum al-Ashry) adalah pondok pesantren terpadu yang mengkolaborasikan pendidikan ilmu pengetahuan agama Islam dengan pendidikan ilmu pengetahuan umum. Didirikan pada tanggal 1 Juni Tahun 1990.

Darul Ulum merupakan Pesantren di bawah naungan Yayasan Pembangunan Umat Islam berdiri di atas tanah milik yayasan seluas ± 48.938 m² yang beralamat di Jalan Syiah Kuala nomor 5 Gampong Keuramat Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh Provinsi Aceh. Lokasi ini menempatkan Darul Ulum berada di tengah-tengah kota Banda Aceh dan hanya berjarak ± 2 km dari Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pimpinan Dayah Darul Ulum, dibawah Pimpinan Tgk. Lukmanul Hidayat terutama dalam aspek pemenuhan kesehatan bagi santri. Sejak berdirinya Dayah ini telah miliki Unit Kesehatan Dayah. Dalam konteks nasional lebih dikenal dengan sebutan Pos Pelayanan Pondok Pesantren (POSKESTREN). 

Sejatinya sesuai regulasi Kementrian Kesehatan dan Kementrian Agama Republik Indonesia POSKESTREN dibentuk oleh Puskesmas yang menjadi lingkup Kecamatan locus Dayah tersebut. Akan tetapi berdasarkan amatan kami dilapangan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas belum konsern dalam melakukan pembinaan Kesehatan ungkap Firman, Amd Kep Pengelola Unit Kesehatan Dayah. Lebih lanjut Firman mengatakan bahwa selama ini Dayah mengusahakan sendiri obat dan fasilitas kesehatan di Dayah, untuk itu besar harapan sesuai dengan dorongan dari Anggota Komisi D DPRK Banda Aceh, Bapak Isnaini Husda, SE. Dinas Kesehatan menempatkan petugas dan pemenuhan obat-obatan di Dayah kami (AZ)