Buka MUQAS IV, Kadisdik Dayah Harap Santri Semakin Di Depan

Banda Aceh- Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny Selasa (8/1/2019) berharap ke depan santri harus semakin di depan dalam segala hal. Hal ini disampaikan olehnya kala membuka acara Musabaqah Awal Sanah (MUQAS) IV yang diselenggarakan oleh Dayah Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar. 

Pada kesempatan itu, Kadis Pendidikan Dayah mengajak semua pihak, baik para alumni, pengurus MUQ Pagar Air, dewan guru, UPTD Dinas Pendidikan Dayah Aceh yang membawahi MUQ, agar memiliki mimpi yang sama dalam menjadikan MUQ Pagar Air  ke depan lebih berkualitas.

“Tentu saya sangat gembira dengan adanya MUQAS seperti ini. Dengan adanya kompetisi seperti ini akan melatih para santri bersaing secara sehat. Ke depan santri harus mengisi banyak ruang publik, dengan harapan mereka akan mampu membawa Aceh dan Islam ke arah kegemilangan,” ujar Usamah.

Di samping itu pula, Usamah menyampaikan rasa bangganya melihat para alumni MUQ Pagar Air yang tidak hanya tersebar di Indonesia, namun juga tersebar di seluruh dunia. Hal ini dilihat dari pemutaran video dari para alumni MUQ Pagar Air yang mengucapkan selamat atas terselenggaranya MUQAS IV, mereka itu ada yang sedang berada di Australia, Jepang, Dubai, Mesir dan negara lainnya untuk melanjutkan studinya. 

Ketua Panitia Pelaksana Acara Muhammad Fikyansa saat menyampaikan laporannya mengatakan bahwa MUQAS IV diikuti oleh 951 Peserta dari 66 sekolah yang berasal dari Sekolah SMA/MA dan SMP/MTs Se Provinsi Aceh, serta SD/MI sekitar kota Banda Aceh dan Aceh Besar. 

Acara yang bertemakan “Berbekalkan Al-Quran, Menyiapkan Generasi Untuk Mengarungi Zaman dengan Kemantapan Iman” ini berlangsung dari tanggal 08-12 Januari 2019. 

Cabang yang diperlombakan antara lain : hifzil Quran (1 juz, 5 juz, 10 juz, 15 juz), syahril Quran, fahmil Quran, tilawatil Quran, tartil Quran, pidato bahasa Arab, Inggris dan Indonesia, kaligrafi, tajhiz Mayyit, dan hadist arbain hifzil 1 juz. 

MUQAS adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Keluarga Besar MUQ yang dikoordinir oleh ustad/ustadzah dan dilaksanakan oleh Himpunan Santri/Santriwati Tahfizhul Al-Quran (HISTAQ).

Tampak hadir saat pembukaan acara di antaranya Kepala UPTD Dinas Pendidikan Dayah Aceh Drs Sahlan M Dian, Pimpinan Dayah MUQ Pagar Air Ustad Sualip Khamsin, Ketua Umum MUQ Pagar Air Drs Sofyan Muchtar, Ketua Komite MUQ Pagar Air Dr Mufakkir Muhammad, Camat Ingin Jaya, Seluruh Dewan Juri MUQAS dan para tamu undangan lainnya. 

Sumber; Acehtrend