40 Teungku Dayah Se Kota Banda Aceh Ikut Pelatihan SIDARA

Sebanyak 40 teungku dari sejumlah dayah di Banda Aceh mengikuti pelatihan Sistem Informasi Dayah Kota Banda Aceh di Aula Madani Center Diskominfo, Banda Aceh.

Pelatihan yang difokuskan pada pengelolaan website dayah dan Aplikasi SIDARA ini dibuka langsung oleh asisten administrasi umum Setda Kota Banda Aceh, Drs. Tarmizi, MM, Senin (22/7/2019).

Pelatihan yang mengangkat tema “Keterbukaan Informasi Dayah Guna Menyampaikan Pesan Gemilang Dalam Bingkai Syariah” berlangsung selama 2 hari, mulai Senin (22/7/2019) sampai Selasa (23/7/2019).

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh, Tgk. Tarmizi M Daud, SAg, MAg dalam sambutannya menyampaikan akan pentingnya pelatihan ini karena menyangkut dengan efektifitas dakwah di era sekarang, dimana para masyarakat lebih mengedepankan belajar dari dunia maya, dan informasi yang berkembang di dunia maya adalah khabar yang belum terverifikasi.

“Perintah Agama untuk mengklarifikasi atau mentabayyun dari setiap berita yang beredar, sehingga terhindar dari berita atau informasi yang tidak benar atau hoax,” Ucap Abu Pandrah. Kehadiran teknologi informasi ditengah tengah masyarakat tidak dapat dihindari.

“Kita tidak mungkin menghindari dari menonton tv misalnya, karena kita membutuhkan informasi atau berita di sana, namun yang perlu adalah memilah antara positif dan negatif,” pesan Abu pandrah.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum, Drs. Tarmizi, MM menyampaikan apresiasi atas berlangsung nya kegiatan pelatihan tersebut. “Kami mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini,” ujar Pak Tarmizi. Berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh Disdik Dayah Banda Aceh sangat membantu Walikota dalam mengambil kebijakan Kota Banda Aceh, ungkap Ayah Gemilang. (AZ)