PKBI Audiensi Dengan Disdik Dayah Banda Aceh

Banda Aceh-LSM Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Aceh melakukan audiensi dengan Pejabat dilingkungan Disdik Dayah Banda Aceh, Senin 5 Desember 2020. Kehadiran rombongan LSM ini diterima langsung Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh, Muhammad Syarif, SHI.M.H.

Direktur Eksekutif Daerah PKBI Aceh, Eva Khovivah, S.Hum mengatakan PKBI merupakan LSM tertua di Indonesia yang berdiri sejak Tahun 1957. Lembaga ini fokus pada kesehatan reproduksi bagi kelompok remaja, perempuan, kelompok anak dan kelompok rentan lainnya. PKPI Aceh juga telah melakukan berbagai kegiatan edukasi kesehatan pada sejumlah dayah di Tahun 2018 diantaranya; Dayah Modern Oemar Diyan, Indrapuri, Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh,  Dayah Darul Ihsan Aceh Besar.

Kehadiran kami guna meminta dukungan dan rekomendasi agar bisa memberikan penyuluhan dan advokasi kesehatan bagi santri remaja di dayah Banda Aceh, Kami akan membantu pemerintah dalam penyuluhan Pola Hidup bersih dan sehat, pemeriksaan gigi, cek kesehatan bagi santri dayah. Saat ini kami juga mengembangkan Klinik Putroe Phang yang berada di depan Hotel Hermes Palace, ungkap Eva Khovivah.  Sementara Muhammad, S.Sos, MM Kadisdik Dayah Banda Aceh yang dalam hal ini diwakili Muhammad Syarif, SHI,M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah, memberikan apresiasi dan merespon baik langkah yang dilakukan oleh PKBI Aceh.

Tentunya nanti rekomendasi yang kami keluarkan tidak keluar dari rambu-rambu atau ketentuan yang berlaku. Intinya ikhtiar untuk kemaslahatan santri dayah tentu harus kita dukung, apalagi ini sejalan dengan kebijakan nasional gerakan aksi bergizi bagi remaja dilingkungan Sekolah dan Dayah. Apa yangv dilakukan oleh PKBI Aceh bagian dari membantu tugas negara dalam pemenuhan pola hidup bersih dan sehat. Diakhir pertemuan Syarif menyampaikan salam dari Kadisdik Dayah Banda Aceh, sejatinya beliau langsung yang menerima audiensi ini, akan tetapi karna pada jam yang sama Kepala Disdik Dayah Banda Aceh lagi padat tugas-tugas kenegaraan maka diminta kami untuk menerimanya, Insya Allah dalam kesempatan yang lain beliau langsung bersama PKBI Aceh nantinya disaat melakukan aktivitas Edukasi Kesehatan pada sejumlah dayah di Banda Aceh, mohon nantinya jadwal Edukasi Kesehatan pada dayah disampaikan jadwalnya pada kami, ungkap Syarif. (Az)