Pemko Banda Aceh Survey Harga Pasar

Banda Aceh – Menindaklanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo terkait upaya-upaya penanganan atau pencegahan inflasi, Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq langsung bergerak cepat dengan meninjau sejumlah pasar di Kota Banda Aceh.

Pemerintah Kota Banda Aceh terus melakukan sejumlah upaya yaitu dengan mengecek harga pangan dan kebutuhan pokok lainnya pada pasar-pasar tradisional di Kota Banda Aceh.

Amatan Pj wali kota dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) pada sejumlah pasar, harga bahan pokok di pasar masih stabil dan tak ada kenaikan signifikan, seperti beras masih dengan harga 10.600/kg, minyak goreng kemasan 21.000/kg, telur ayam 24.000/kg, cabai merah dan bawang juga masih berkisar pada harga 35.000/kg, daging 150.000/kg serta harga lauk pauk seperti ikan juga tidak ada kenaikan.

“Pengecekan ini memang rutin kita lakukan, yang bertujuan untuk menjaganya harga sembako agar tetap stabil, dan Alhamdulillah di semua pasar yang kita kunjungi harga dan ketersediaan bahan pokok masih stabil,” ungkap Bakri Siddiq saat meninjau Pasar Al Mahirah Lamdingin, Sabtu (1/10/2022).

Pj Wali Kota Bakri Siddiq bersama dinas terkait nantinya juga akan menyiapkan operasi pasar pendistribusian barang kebutuhan pokok dengan harga subsidi demi mengurangi gejolak harga.

“Untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pokok bagi masyarakat dan stabilitas harga, Pemerintah Kota nantinya akan mengeluarkan beberapa kebijakan seperti menggelar pasar murah di sejumlah pasar Kota Banda Aceh,” kata Bakri Siddiq.

Pj wali kota juga menyampaikan beberapa upaya lain sesuai arahan Presiden Jokowi, Pemko akan menggunakan instrumen anggaran yang tersedia untuk membantu masyarakat terdampak inflasi di tengah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Pemko Banda Aceh juga akan memanfaatkan pos Belanja Tidak Terduga (BTT) dan hal itu diperbolehkan sesuai arahan Bapak Presiden serta merujuk kepada surat edaran Menteri Dalam Negeri, dan sudah kita anggarkan dalam APBK perubahan tahun ini,” kata Bakri Siddiq.

Turut hadir mendampingi Pj wali kota, Asisten II Jalaluddin, Kadis Diskopukmdag M Nurdin, Kepala BPKK ikbal Rokan, Kepala Bappeda, Kabag Ekonomi Irwan, Kabag Prokopim Mulizar dan sejumlah pejabat lainnya

Saat meninjau perkebunan warga di kawasan Blang Oi, Bakri Siddiq juga mengajak warga kota untuk melakukan budi daya pertanian di pekarangan sebagai upaya memenuhi ketersediaan bahan pangan seperti bawang, cabai dan lainnya untuk satu bulan kedepan.(AY)