Disdik Dayah Kota : TPQ Hidayatul Ulum Layak Dijadikan Role Model Bagi TPQ Se-Kota Banda Aceh

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatul Ulum Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh dalam rangka menyemarakkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H /2021 M melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Sayembara aneka lomba Kegiatan yang berlangsung sejak selama seminggu berlansung sangat antusias ungkap Edy Iswandy ZA, S Sos.I Direktur TPQ Hidayatul Ulum yang juga Penyuluh Agama Islam Kementrian Agama Kota Banda Aceh yang bertugas di KUA Kecamatan Kuta Alam ini

Berbagai ragam kegiatan lomba diantaranya; MTQ tilawah, tahfidz, tartil, azan, cerdas-cermat, mewarnai dan rangking 1

Direktur menambahkan tujuan perlombaan ini juga untuk mencari bibit bibit juara untuk bisa di naikkan tingkat kecamatan maupun kota seperti perlombaan MTQ dan FASI tingkat kota Banda Aceh
Lanjutnya panitia sebelum nya telah menyelesaikan ujian semester bagi santri selama 2 Minggu

Acara ini merupakan kontribusi sumbangan dari para wali santri, tokoh masyarakat bapak Usman SE wakil ketua DPRK Banda Aceh selaku pembina TPQ dan beberapa tokoh lainnya bapak Iptu Ferianto Kapolsek , Ir H.Mukhlis Jakfar, Abi Geumuloh, Pak Junaidi dan beberapa lainnya
ungkap Penyuluh Agama Islam Kota Banda Aceh Kegiatan ini berlangsung atas sumbangan sukarela wali santri dan pihak donator gampong Lambaro Skep

Puncak acara tersebut diisi dengan Tausiah Maulid Nabi dengan menghadirkan penceramah kondang Ustad Ridwan Ibrahim,S.Ag M.Pd., ungkap Edy Kehadiran Ustadz kondang yang juga Sekretaris Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh menambah keceriaan santri TPQ Hidayatul Ulum, dengan gaya kocaknya, Ustadz Ridwan membuat santri dan wali santri serta jamaah Maulid Nabi terpukau dan sumringah.

Sementara Tgk. Alizar Usman, S.Ag,M,Hum kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh melalui Kabid SDM dan Manajemen Muhammad Syarif,SHI,M.H dalam sambutannya memberikan apresiasi yang dalam kepada seluruh ustadz/ustazah TPQ Hidayatul Ulum atas pelaksanaan berbagai kegiatan keagamaan, dan ini bagian dari ikthtiar bersama mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam bingkai syariah.


Lebih lanjut Syarif mengatakan TPQ Hidayatul Ulum dimasa pandemi tetap melaksanakan berbagai kegiatan yang produktif termasuk intens melaksanakan pembinaan ustadz/ustazah, guna penguatan kompetensi. Setidaknya TPQ ini telah melakukan tiga pembinaan secara inheren yaitu pembinaan karakter santri, kompetensi dan literasi. Apa yang dilakukan oleh TPQ Hidayatul Ulum layak dijadikan role model bagi TPQ Se-Kota Banda Aceh. Terkait tatakelola administratif, TPQ ini luar biasa, memadukan tiga Institusi yaitu Disdik Dayah Banda Aceh, Kakanmenang Kota Banda Aceh dan LPPTKA-BKPRMI Banda Aceh.


Kami yakin di bawah kepemimpinan  Edy Iswandy ZA, S Sos.I santri TPQ Hidayatul Ulum telah mengharumkan nama Kota Banda Aceh di berbagai ajang Festival Lomba antar Santri TPA/TPQ. Apalagi Ustadz Edy sangat konsern dalam pembinaan Al-Qur`an bagi santri TPQ dan remaja Masjid di Kota Banda Aceh.


Ustadz. Edy Iswandy yang di dampingi oleh beberapa Panitia menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin lembaga guna menumbuhkan semangat para santri dalam belajar dan mencintai Al-Qur`an. Di TPQ ini juga dilaksanakan program khusus Tafidz Al-Qur`an dan Tilawatil Qur`an. Ini semua berkat dukungan aparatur gampong dan wali santri serta donatur.
Turut Hadir pada kegiatan tersebut Usman, SE Wakil Ketua DPRK Banda Aceh, Wahyu Qece, Sekum BKPRMI Banda Aceh, Ismuadi, SE, M.Si Direktur TPQ Baitussalihin, Dr. Mulia Rahman, MA Ketua DPW BKPRMI Provinsi Aceh, Mardani, SH Direktur LPPTKA-BKPRMI Banda Aceh serta Wali Santri dan Aparatur Gampong Lambaro Skep. (AZ)