Bakri Siddiq, Buka Pelatihan Sistem Informasi Dayah Se-Kota Banda Aceh

Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh kembali menyelenggarakan Pelatihan Sistem Informasi Dayah bagi santri dan guru dayah yang dilaksanakan di Hotel Grand Permata Hati, Blang Oi Kecamatan Meuraxa sejak tanggal 16-17 Nopember 2022. Kegiatan yang berlangsung dua hari ini diikuti oleh 50 orang santri dan guru dayah dilingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh, dibuka langsung oleh Bapak Pj Walikota Banda Aceh, Bakri Siddiq, SE, M,Si

Kegiatan yang mengambil tema “Mewujudkan Data Base Dayah Terintegrasi”,  menghadirkan dua narasumber yang profesional dibidangnya yaitu: Yassir Amry, S.Kom (Tenaga IT/Programer) dan Mahdi, MM Pranata Humas Diskomimfotik/Sekretaris Perhumas Aceh

Bakri Siddiq dalam sambutannya mengatakan peran santri dan guru dayah dalam Implementasi Syariat Islam sangat menonjol di Aceh umumnhya dan Banda Aceh Khususnya. Lembaga pendidikan dayah tentu memiliki ciri khas tersendiri, yaitu penguatan karakteristik keilmuan Agama yang mumpuni. Tradisi memuliakan orang tua, tawadhuk serta saling bekerja sama sangat kental dirasakan dalam lingkungan santri dan guru dayah dan ini hampir sirna di sekolah umum, ungkap Bakri Siddiq.

Karna itu Alumi dayah harus mewarnai berbagai sendi kehidupan termasuk penguatan aspek pemamfaatan teknologi informatika, ungkap Bakri Siddiq. Karna Pelatihan Sistem Informasi Dayah menjadi strategis dalam rangka menyongsong arus globalisasi

Sementara  Kepala Dinas Pendidikan Dayah Banda Aceh, Muhammad, S.Sos, MM, mengatakan bahwa Disdik Dayah Banda Aceh terus berusaha meningkatkan kompetensi guru dan santri dayah dalam upaya Implementasi Akreditasi Dayah Aceh. Sebagai komitmen mendukung upaya peningkatan Kompetensi guru dan santri dayah serta mendorong Implementasi Akreditasi Dayah Tahun 2022, berbagai pelatihan telah dilakukan oleh Disdik Dayah Banda Aceh, diantaranya; Pelatihan Ilmu Falak, Pelatihan Publik Speaking, Pelatihan Menulis Ilmiah, Workshop Akreditasi Dayah, Penyusunan Rencana Pembelajaran Santri (RPS) serta Pelatihan Sistem Informasi Dayah.

Sebagaimana dipahami sejak tahun 2018 Disdik Dayah Banda Aceh telah membangun Aplikasi Sidara dan webiste dayah pada masing-masing dayah di Banda Aceh. Setiap tahunnya Disdik Dayah Banda Aceh melatih operator Sidara dalam pengelolaan website serta updating data profil dayah meliputi data guru, santri, sapras dayah serta data yang dibutuhkan untuk ditampilkan pada masing-masing website dayah secara online. Disamping itu juga dokumen Rencana Pembelajaran Santri (RPS) dapat diupload pada Portal Sidara dan mudah dibaca oleh seluruh insan (bansigoem donya). Bila operator Sidara ditiap dayah aktif mempublis berbagai aktivitas dayah, maka akan semakin maju dan berkembang dayahnya. Karna seluruh informasi dayah dengan mudah bisa dibaca di Portal Sidara tiap detiknya.

Untuk itulah menjadi penting penguatan operator Sidara. Portal tersebut juga nantinya akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing dayah, ungkap Muhammad Syarif,SHI,M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh.

Turut hadir pada kegiatan pembukaan Ketua Komisi Bidang Pendidikan pada MPD Banda Aceh, Anwar Hasyim, M.Pd, Kasi PD Pontern Kanmenag Banda Aceh, Sayed Khawalid,MA, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Banda Aceh, Aulia Rachmana Putra, S.STP, Kasi PD Pontren Kanmenag Banda Aceh, Sayed Khawalid, M.Ag, serta para awak media/Jurnalis. (Red)