Ulama Sepuh Aceh Akan Hadiri Tabligh Akbar Peduli Rohingya

Sejumlah ulama sepuh Aceh direncanakan akan menghadiri acara Tabligh Akbar, Zikir dan Do’a bersama untuk muslim Rohingya pada Hari senin jam 20.00 (malam Selasa) tanggal 13 November di Halaman Masjid Raya Baiturrahman.

Para ulama kharismatik yang akan hadir tersebut adalah Abu Kuta Krueng yang akan memimpin do’a bersama, Tgk H. Nuruzzahri (Waled Nu) yang akan menyampaikan ‘haba peutuah’. Serta Tgk H. Muhammad Nur Hasbalah (ketua MPU Pidie Jaya) yang akan menyampaikan Tausyiah tentang pentingnya peduli terhadap muslim Rohingya.

Hal tersebut disampaikan ketua panitia pelaksana acara, Tgk Muhammad Balia, Kamis, (9/11).

Muhammad Balia juga mengatakan, acara Tabligh Akbar ini direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan berlangsung di Masjid Raya Baiturrahman. Sementara acara zikir bersama akan dipimpin oleh Tgk.H. Zamhuri Ramly al-Hafidz.

“Acara ini juga akan dihadiri oleh Walikota Banda Aceh, Pangdam IM, Polda, dan segenap jajarannya (SKPD, PNS, Prajurit, anggota polisi)Majelis Zikir dan para Santri Dayah dan Siswa/I seluruh sekolah di Kota Banda Aceh yang sudah kita undang untuk menghadirkan dan menyukseskan acara ini sebagai bentuk kepedulian warga Aceh untuk muslim Rohingya, “ ujar Balia.

Terkumpul Dana Hampir 1 M

Sementara itu, Koordinator Solidaritas Aceh untuk Rohingya (SAUR), Tgk. H. Faisal Ali yang akrab disapa Abu Sibreh mengatakan, acara malam amal penggalangan dana, Tabligh Akbar, zikir dan doa untuk muslim Rohingya ini adalah bagian dari rangkaian program penggalangan dana Solidaritas Aceh untuk muslim Rohingya yang telah direncanakan sejak awal terbentuknya SAUR.

“Sejak dibentuknya SAUR pada awal bulan september 2017 lalu, hingga saat ini sudah terkumpul dana rp.665.000.000 yang berasal dari sumbangan masyarakat melalui Rekening 610.01.99.000088.4 Bank Aceh Syariah (kode : 116) an. Aceh Untuk Rohingya. Dan dana ini sudah termasuk sumbangan beras 25 ton, “ kata ulama muda yang juga wakil ketua MPU Aceh ini.

Abu Sibreh juga menerangkan, kegiatan ini merupakan bukti simpatik masyarakat yang sampai sekarang masih antusias menunjukkan kepedulian terhadap muslim Rohingya.

“Dalam acara malam amal nanti, ulama-ulama yang akan menghadiri kegiatan tersebut sudah konfirmasi kesediaan untuk hadir. Ini patut kita syukuri dikarenakan ulama-ulama sepuh ini usianya sudah uzur dan jarang beraktifitas saat malam hari. Tapi ketika mendengar kegiatan ini dalam rangka mendo’akan muslim Rohingya, mereka sangat antusias dan menyatakan siap menghadiri, “ ujar Abu Sibreh didampingi sekretaris SAUR, Teuku Farhan.

Oleh sebab itu, tambah Abu Sibreh, diharapkan kepada masyarakat untuk dapat menghadiri kegiatan ini.

“Selain juga untuk mendoakan muslim Rohingya dan menyisihkan sebagian rezeki mereka, juga untuk memuliakan para ulama yang sudah menyediakan waktu dan mengambil berkah daripada ulama, ” pungkas Abu Sibreh (Ril/ Sumber NBA)