SIDARA Tebar Manfaat

Oleh M. Sanusi Madli

SIDARA atau Sistem Informasi Dayah Terintegrasi merupakan aplikasi yang berisi informasi berita dan database dayah di Kota Banda Aceh yang berfungsi sebagai alat bantu pengukur keterbukaan informasi publik sekaligus aktifitas dayah.

Berikut Sejumlah manfaat atas lahirnya SIDARA di Kota Banda Aceh :

  • Dayah

Dizaman sekarang ini, web site sudah menjadi salah satu hal yang sangat urgent untuk dimiliki oleh setiap lembaga pendidikan, lembaga bisnis, maupun lembaga lainnya untuk menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat luas.

Bagi dayah atau pesantren, keberadaan web site sangat diperlukan untuk menyampaikan berbagai hal kepada public, mulai dari syiar dayah, kegiatan dayah, serta berbagai hal lainnya terkait kedayahan yang perlu diketahui oleh masyarakat luas.

Dengan adanya web site, masyarakat dimudahkan dalam melakukan pencarian lembaga pendidikan bagi sibuah hatinya, dimudahkan untuk mengakses berbagai informasi terkait dayah serta memudahkan masyarakat untuk menemukan alamat dayah serta nomor yang dapat dihubungi.

Khusus di Kota Banda Aceh, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah, menyediakan web site gratis kepada seluruh dayah yang ada dikota Banda Aceh, yang lebih dikenal dengan program SIDARA.

Dayah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli Hosting, domain dan membayar tenaga ahli IT, serta setiap tahunnya dayah tidak perlu mengeluarkan biaya, baik untuk perpanjangan hosting maupun honor tenaga IT.

Bukan hanya menyediakan saja, namun disdik dayah juga melatih I pengelola (operator) setiap dayah, yang dapat memposting dan mengelola sendiri web site nya, dalam hal ini Dayah juga diuntungkan, dayah tidak perlu lagi melatih pengelola web site dengan biaya yang tinggi, semua nya sudah terfasilitasi.

Bukan hanya itu saja, disdik dayah juga menyiapkan tim IT yang siap dikonsultasikan kapan saja, 24 jam, dan dilayani dengan sangat ramah, dan bersahaja, kami punya pengalaman yang mengesankan dengan tim IT disdik dayah.

  • Tgk Dayah

Selain untuk dayah, Tgk di Dayah juga mendapatkan manfaat atas kehadiran SIDARA, diantaranya dapat menyalurkan ide dan karya tulisnya, serta dapat berdakwah secara digital, disisi lain, dengan banyaknya karya, para tgk dayah menjadi lebih dikenal oleh public, sehingga memudahkan nya untuk dapat tampil dihadapan public.

Pengalaman kami, peluang hadirnya SIDARA menjadi momentum bagi kami belajar secara tekun dan memanfaatkan momentum ini dengan baik, sehingga pada tahun 2019 kami mendapatkan tawaran untuk menjadi wartawan salah satu media online lokal di Aceh, kemudian pada awal tahun 2020, mendapatkan tawaran menjadi Kepala Biro Provinsi Aceh Salah satu media online nasional, kemudian pada tahun 2021, kami mendirikan media sendiri.

Diera demokrasi seperti saat ini, tgk dayah perlu hadir dikancah politik, panggung politik perlu diisi oleh Tgk Tgk dayah, melalui portal SIDARA, Tgk dayah memiliki kesempatan untuk tampil, serta berpeluang untuk menyampaikan dakwah bukan hanya kepada masyakat bahkan kepada pejabat sekalipun, kepada pemerintah tanpa harus bertatap muka.

  • Dakwah Digital

Diera yang serba digital seperti saat ini, Portal SIDARA dapat menjadi podium bagi Tgk Dayah dalam berdakwah.

Saat ini, masyarakat lebih cenderung belajar agama pada mbah google, bahayanya jika diruang mbah google lebih banyak diisi oleh aliran keliru bahkan sesat, tentu masyarakat akan mendapatkan informasi yang keliru, dan sesat juga, karena itu pemahaman yang lurus perlu diperbanyak di ruang mbah google, sehingga masyarakat mendapatkan pengetahuan yang lurus.

Apalagi saat ini, berbagai macam aliran ada dimbah google, dan ada kelompok yang sengaja disiapkan oleh para perusak islam untuk menyajikan berbagai informasi agama, serta kajian kajian agama yang menyimpang dengan berbagai artikel, dan rasanya belum imbang antara kebenaran dan kebathilan didunia google, karena itu Tgk Tgk dayah harus hadir disana, podium podium itu harus diisi oleh para tgk tgk dayah.

  • Counter Isu

Hampir setiap saat selalu ada isu yang menyerang islam oleh berbagai kaum, merusak citra ulama, citra dayah atau pesantren, citra para da’I, karena itu perlu sebuah gerakan untuk mengcounter isu isu tersebut, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang utuh dan benar.

Portal SIDARA sangat ampuh untuk melakukan counter isu tersebut secara bersama sama.

  • Bagi Santri dan Wali Santri

Bagi santri serta wali santri akan dimudahkan dalam mendapatkan informasi seputar dayah, kebijakan dayah, perkembangan santri serta informasi lainnya seputar dayah.

  • Masyarakat luas

Bagi masyarakat tentu akan dimudahkan dalam mencari informasi seputar dayah dan sangat mudah, tidak perlu harus menghafal nama nama dayah di Kota Banda Aceh, karena jumlahnya lumanyan banyak, tapi cukup membuka web site disdik dayah, dan disana sudah ada menu database dan Siadar yang melampirkan nama nama dayah beserta link web site nya masing masing, jadi masyarakat tinggal memilih saja.

  • Pemerintah Kota

Bagi Pemerintah Kota (Pemkot) juga sangat diuntungkan dengan hadirnya SIDARA, dalam hal ini, sangat memudahkan dalam mensosialisasikan berbagai informasi dan kebijakan kepada masyarakat luas.

Melalui SIDARA yang hadir disetiap dayah, sosialisasi jauh lebih mudah dan praktis, ditampilkan disemua portal (web site) dayah yang kemudian diakses oleh santri dan wali santri, serta masyarakat luas.

  • Menguatkan Budaya Literasi

Selanjutnya manfaat hadirnya SIDARA adalah menguatkan budaya literasi diberbagai kalangan, baik kalangan santri, wali santri, tgk dayah dan masyarakat luas.

Tidak ada kata menulis tanpa membaca, secara tidak langsung mendorong semua kalangan untuk membaca, kalau tgk dayah memang sudah sangat intens dengan membaca, minimal baca kitab, tinggal dituangkan saja kedalam tulisan, sehingga yang tidak hadir kebalai pengajianpun dapat mengetahui hasil kajian.

Demikian kira kira manfaat singkat atas hadirnya SIDARA yang telah dirasakan. Wallahu’alam…