Santri Dayah Dan Pejabat Aceh Pakai Sarung Peringati Hari Santri

Sebanyak 5.000 santri dari berbagai pesantren di kota Banda Aceh dan Aceh Besar, merayakan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis (24/10). Para santri dan pejabat kompak kenakan baju putih, peci hitam, dan bersarung pakaian khas santri.

Peringatan puncak Hari Santri Nasional ke-5 di Tanah Rencong itu, diawali dengan penampilan tarian tradisional Rapai Geleng oleh para santri. Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menjadi inspektur dalam upacara tersebut.

Para santri berbaris rapi sesuai perwakilan pesantren/dayah masing-masing di tengah lapangan. Di hadapan mereka, pimpinan pesantren, dan seluruh pejabat dari instansi Pemerintah Aceh duduk di atas panggung. Semuanya kompak mengenakan pakaian serba putih dan kain sarung ragam motif.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dalam amanatnya menyampaikan pesantren menjadi kunci penting dalam pelaksanaan syariah Islam dan merawat perdamaian di Aceh sebagai modal membangun negeri. Kata dia, santri menjadi bagian tidak terpisahkan di Aceh.