Santri Dayah Babul Istiqamah Juara Pertama Lomba Baca Kitab Kuning

Santri Dayah Babul Istiqamah Aceh Barat Daya, nama Faisal Murni, keluar sebagai juara I Lomba Baca Kitab Kuning tingkat Provinsi Aceh, yang digelar DPW PKS Aceh.

Lomba dan pembagian hadiah berlangsung di Dayah Darul Aman Gampông Lubok Sukon, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu, 26 Agustus 2017.

Faisal Murni akan mewakili Aceh untuk mengikuti final Lomba Baca Kitab Kuning tingkat nasional di Jakarta September 2017 mendatang.

Sementara juara II diraih Safriadi dari Dayah Bustanul Huda Aceh Timur, dan juara III diraih oleh Lahmuddin dari Dayah Serambi Aceh.

Faisal mengaku siap untuk mewakili Aceh di tingkat nasional dan siap mempertahankan juara I lomba baca kitab kuning yang diraih santri Aceh pada tahun sebelumnya.

“Tentu ini menjadi beban bagi saya untuk mempertahankannya, karena meraih sesuatu lebih mudah dari pada mempertahankannya, tapi saya akan belajar lebih keras, serta konsultasi dengan dewan juri, agar apa yang kurang dari penampilan tadi bisa saya perbaiki,” katanya melalui siaran pers, Minggu, 27 Agustus 2017.

Ketua Dewan Syariah DPW PKS Aceh Dr. Salman Ahfidz, MA, yang hadir saat penutupan berharap agar lomba baca kitab kuning digelar secara rutin di Aceh.

Sementara itu panitia kegiatan Mustafa MY menyebutkan, kegiatan yang berlangsung di seluruh Indonesia tersebut sebagai bentuk penghargaan PKS kepada santri-santri dayah/pesantren.

Melalui kegiatan itu ia berharap perhatian dan kepedulian partai politik dan masyarakat terhadap dayah dan santri semakin baik. Dan partai politik menurutnya, berkewajiban untuk mengadvokasi pendidikan, khususnya di lembaga dayah.

“Kita berharap agar dayah menjadi solusi bagi umat, dan dari dayah lahir pemimpin-pemimpin di Aceh. Jadi kita harapkan dayah tidak lagi dipandang sebelah mata,” katanya.

Sementara itu Ketua DPW PKS Aceh Ghufran Zainal Abidin berharap santri yang mewakili Aceh pada tahun ini  mampu mempertahankan prestasi tahun sebelumnya.

“Kita harus optimis, dan target kita tahun ini kembali merebut juara I di tingkat nasional, tidak ada target-target lain,” ujar Ghufran didampingi ketua panitia Makhyaruddin Yusuf.[]

 

Sumber: http://portalsatu.com