Persiapan MQK-II Aceh 2021, DPDA Rapat Evaluasi Dengan Tuan Rumah

BANDA ACEH | Dalam rangka penyelenggaraan Musabaqah Qiraatil Kutub yang ke 2 tahun 2021, Dinas Pendidikan Dayah Aceh bersama tuan rumah MQK-II yaitu Kota Lhoksemawe melaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi pada Kamis (12/11).

Audiensi yang dilaksanakan di aula lantai dua DPDA ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh  Usamah El-Madny S.Ag MM. Turut hadir Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Azhari S.Ag M.Si, Kepala Bidang Pemberdayaan Santri, Drs Muhammad Nasir, Sekretaris Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhoksemawe Ramli S.Ag M.Kom dan Pejabat/staf terkait pada Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhoksemawe.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny, S.Ag, MM dalam sambutannya menyampaikan agar kegiatan MQK ke-11 harus dipersiapkan sebaik mungkin.

“Bila ada hal-hal yang kurang dalam pergelaran MQK 1 tahun 2019 yang lalu agar dapat dievaluasi sehingga pergelaran MQK 2 menjadi lebih baik lagi,” kata Usamah El Madny, S.Ag, MM.

Lebih lanjut, Kadis bersarung ini berharap agar perhelatan MQK ke-II tahun 2021 di kota Lhokseumawe lebih semarak. Sehingga masyarakat mengetahui bahwa, selain acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), juga ada Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK). Perlombaan baca kitab kuning ini sehari-hari menjadi bahan belajar santri-santri yang mondok di dayah.

“Bukan ingin membandingkan antara MTQ dengan MQK, tapi kita juga harus menggemakan kitab kuning sebagai suatu khazanah keilmuan Islam”, tegas Usamah El Madny, S.Ag, MM.

Sementara itu Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhoksemawe Tgk Misran Fuadi menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Aceh yang telah mempercayakan Kota Lhoksemawe sebagai tuan rumah MQK-II. Tgk Misran Bersama dengan semua pihak akan bersinergi untuk menyukseskan dan menyemarakkan pergelaran MQK II Aceh tahun 2021 ini.

“Mohon do’a dan dukungannya dari seluruh masyarakat, para santri serta para ulama dayah agar perhelatan MQK yang ke 2 ini berlangsung sukses”, kata Tgk Misran. [DisdikDayah Aceh]