Mahasiwi Pascasarjana Univ. Yogyakarta Lakukan Penelitian Di Dayah Salafiyah

Dayah atau Pondok Pesantren yang ada di Banda Aceh kini telah menjadi pusat perhatian para peneliti termasuk para mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia. Pola pembelajaran dan ciri khas masing-masing dayah dalam mencetak generasi muslim yang tangguh dan berakhlakul karimah, kini mendapat lirikan dari mahasiswa semester akhir baik strata sarjana, magister dan doktoral dalam berbagai bidang.

Sejak di bentuknya Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh kurang lebih 20 peneliti, mahasiswa dari berbagai kampus di nusantara melakukan kajian study Ilmiah terhadap sistem pembelajaran di Dayah Salafi, ungkap Muhammad Syarif, SHI, M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh. Beberapa aspek kajian study yang dilakukan meliputi, aspek kesehatan, kurikulum, pemenuhan sapras, hingga aspek kearifan lokal dalam proses pembelajaran Dayah. Rabu, 12 Februari 2020 Disdik Dayah Kota Banda Aceh kembali menerima Karuni Humairah Arta, Mahasiwi Pascasarjana Universitas Yogyakarta.

Kehadiran mahasiswi ini dalam rangka melakukan wawancara langsung terkait judul penelitian: “Pendidikan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di Dayah Tradisional berbasis kearifan lokal di Aceh. Umay sebutan akrab mahasiswi semester akhir ini ingin menggali lebih dalam terkait pendekatan sistem pendidikan di dayah salafiyah/tradisional. (AZ)