Madinatul Fata, Juara I Dayah Sehat Dan Bersih Se-Aceh

Banda Aceh gemilang adalah inpian Walikota Banda Aceh, Bapak Aminullah Usman, SE, AK, MM. Gemilang dalam konteks yang luas. Untuk itulah Dinas teknis harus menerjemahkannya dalam wujud yang kongkrit, ungkap Walikota dalam setia event penting.

Sebagai institusi yang konsern dalam bidang pembinaan Dayah di Banda Aceh, Disdik Dayah Banda Aceh punya cara tersendiri dalam mewujudkan Banda Aceh gemilang, ungkap Zahrol Fajri, S.Ag, MH Plt Kadis Pendidikan Dayah Banda Aceh yang diamini oleh Muhammad Syarif, SHI, MH Kabid SDM dan Manajemen. Berbagai upaya dan terobosan oleh Disdik Dayah Banda Aceh dalam berbagai aspek antara lain: Penataan tata kelola Dayah, Sanitasi dan Lingkungan serta peningkatan kualitas SDM dan Pemberdayaan Ekonomi Dayah.

Salah satu wujud komitmen Disdik Dayah Aceh dalam rangka pemenuhan sanitasi dan lingkungan hidup dayah se-Aceh, Disdik Dayah melakukan penilaian Sanitasi Dayah Award 2017. Kegiatan ini bagian dari konsern Disdik Dayah Aceh dalam memperhatikan lingkungan Dayah Sehat dan Bersih. Penilaian yang dilakukan pada bulan oktober 2017 melibatkan unsur Pejabat Kesehata, Lingkungan Hidup dan Tim Air Bersih dan Sehat. Kegiatan yang berlangsung satu bulan ini akhirnya mengasilkan 12 Dayah yang berhak memperoleh penghargaan Dayah sehat dan bersih.

Pemberian Penghargaan nantinya diberikan oleh Dr. Bustami Usman, SH, M.Si Kadis Pendidikan Dayah Aceh pada hari Senin, 4 Desember 2017 pukul 08.00 Wib di Halaman Disdik Dayah Aceh. Adapun ke 12 Dayah dimaksud dengan rincian sebagai berikut:

 Untuk Katagori Dayah Salafi antara lain:

  1. Madinatul Fata, Banda Aceh
  2. Riyadusshalihin Putri, Aceh Barat
  3. Ummahatul Mukminin, Bener Meriah
  4. YPI Darussa`adah, Aceh Utara
  5. Ruhul Fata, Aceh Besar
  6. Tahfizul Qur`an Syuhada

Untuk Katagori Dayah Terpadu antara lain:

  1. MUQ langsa, Aceh Timur
  2. Al Muslimun, Aceh Utara
  3. Al Mujaddid, Kota Sabang
  4. Nurul Islam, Kab Bener Meriah
  5. Insan Madani, Aceh Selatan
  6. Bunayya, Gayo Luwes