Kafilah MQK-II Kota Banda Aceh Juara II, Selisih Satu Poin Dengan Kota Subulussalam

Pelaksanaan MQK-II Tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung sejak tanggal 13-16 Oktober 2021 berlangsung khitmad, di Komplek Embarkasi Haji Banda Aceh. Event MQK kali ini diikuti 20 Kab/Kota se-Aceh (minus Pidie Jaya, Gayo Lues dan Simeulu).

Kegiatan bergensi antar santri dayah se-Aceh ini telah menjadi agenda tahunan (2 tahun sekali) Pemerintah Aceh dan agenda nasional (3 tahun sekali)

Kadisdik Dayah Aceh Zahrol Fajri, S.Ag,M.Hum, menyebutkan, dalam kegiatan ini pihak panitia menyediakan hadiah berupa piala dan uang pembinaan dengan total Rp.1,3 Milyar Rupiah

Kepada juara I hadiah uang yang diberikan sebesar Rp 20 juta, juara II Rp 15 juta, juara III Rp 12 juta. Sedangkan juara harapan I senilai Rp 10 juta, juara harapan II Rp 8 juta dan sejumlah Rp 6 juta untuk juara harapan III.

Adapun cabang yang diperlombakan yakni Akhlak, Tauhid, Fiqih, Tarikh, Ilmu Tafsir, Hadist, Nahwu, Ushul Fiqh, Tafsir, dan Balaghah.

Pada MQK kedua ini diperlombakan 10 cabang. Masing- masing untuk tingkat ula sebanyak 2 cabang (ahklaq dan tauhid), tingkat wustha 4 cabang (fiqh, tarikh, tafsir, dan hadits), dan tingkat 'ulya sebanyak 4 cabang (nahwu, ushul fiqh, ilmu tafsir dan balaghah).

Total peserta sebanyak 380 orang, yang didampingi 80 pendamping dan 80 orang official. Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin mengatakan kita patut syukuri atas pencapaian Kota Banda Aceh yang sungguh luar biasa di bawah kepemimpinan Alizar, S.Ag,M.Hum Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh, dimana sebelumnya Kota Banda Aceh hanya berada di peringkat kelima, kini di event MQK-II Tahun 2021 berada diperingkat ke-2 dan hampir meraih juara umum,selisih satu point dari Kota Subulussalam. Tentu ini semua berkat kerja cerdas dan ikhlas semua komponen. Mulai dari pelatih, pendamping/official dan dewan guru dayah. Saya yakin dan percaya Banda Aceh di MQK-III akan meraih juara umum, ungkap Cek Zainal, sapaan akrab Wakil Walikota Banda Aceh saat menghadiri malam penutupan MQK-II, 16 Oktober 2021.

Sebagai informasi 7 peringkat Kab/Kota di event MQk-II antara lain; Kota Subulussalam berhasil meraih juara satu MQK-II Aceh 2021, dengan poin 64. Juara 2 diraih Kota Banda Aceh dengan poin 63. Juara 3 Aceh Selatan, dengan poin 62. Juara 4 Kabupaten Aceh Besar, poin 60. Juara 5 Kabupaten Bireueun poin 50. Juara 6 Kabupaten Aceh Utara, dengan poin 41, dan juara 7 Pidie, poin 40.