Ekonomi Kreatif Santri Dayah Darul Ulum Banda Aceh

Dayah Darul Ulum, Jambo Tape Banda Aceh merupakan salah satu Dayah Modern di Aceh. Keberadaan Dayah ini, telah banyak melahirkan santri yang profesional di berbagai bidang. Ada yang berprofesi sebagai Da`i, Ulama, Politisi, Dosen, Dokter, Perawat, Jurnalis, Pengusaha, Guru, Polisi dan Pejabat ASN di Kab/Kota.

Alumninya pun banyak melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi di Nusantara antara lain; Aceh, Jawa, Timur Tengah dan Eropa.  Dayah yang lahir sejak Tahun 1990, berada di bawah Yayasan Pembangunan Umat Islam. Kepemimpinannya terus berevolusi sesuai perkembangan zaman. Kini Dayah ini dipimpin oleh Tgk. Luqmanul Hakim, M.Ag

Senin, 29 Januari 2018, Punggawa Disdik Dayah Banda Aceh menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus melihat beberapa kreatifitas Ekonomi Santri yang di bandrol dengan harga mulai dari Ro.10.000,- hingga ratusan ribu rupiah. Menariknya Tradisi Maulid Nabi bukan hanya disugukah dengan kuah belagong dan Ceramah Maulid, akan tetapi di tampilkan berbagai kreatifitas Santri seperti Festival Kesenian, Zikir Maulid, Rapai Geleng dan yang membuat kami jatuh hati adalah Bazar Ekonomi Santri Dayah. Mulai dari pernak-pernik gantungan kunci, kaos oblong dengan berbagai kreatifitas, hiasan lampu dan stiker kaligrafi, serta pernak-pernik lainnya.

Tentu kami selaku punggawa Disdik Dayah merasa bangga melihat santri dayah mandiri dan memiliki ketrampilan, But Jaroe yang bernilai Dollar. Andai karya mereka mendapat sentuhan KADIN dan Dekranas mungkin akan lebih elok lagi...hehe, atawa juga mendapat pembinaan dari Dinas Perindagkop dan UKM.  Setidaknya karya mereka mendapat tempat pemasaran yang strategis, agar terciptanya motivasi dalam berkreatifitas. (AZ)