Dua Pengasuh Dayah Al ‘Athiyah Mendapat Sanad Alfatihah Qiraat Hafsh

Dua pengasuh Dayah Al ‘Athiyah Tahfizh Al Qur’an Banda Aceh mendapat sanad Alfatihah Qiraat Hafsh, dua pengasuh tersebut adalah Ustazah Desy Munawarah dan Ust Fathin Shafly.

Sanad tersebut diraih dalam kegiatan yang dibuat oleh Yayasan Cahaya Azami Takengon, Aceh Tengah, yang berlangsung sejak tanggal 28 Desember 2019 s.d 2 Januari 2020, peserta yang berjumlah 50 orang ini terdiri dari perwakilan lembaga tahfizh yang ada di Aceh dan diluar Aceh.

“Ada peserta dari kalangan ibu pengajian yang sudah lanjut usia, meskipun usia yang sudah tua, namun semangat nya melebihi yang lain,” Ujar Ustazah Desy yang merupakan peserta utusan dari Dayah Al ‘Athiyah Banda Aceh

Desy melanjutkan, kitab yang dipelajari ketika daurah adalah kitab DAWÂM ALIBTIHÂL fi syarh Tuhfatul Al Athfal, setoran Alfatihah bersanad dan matan Tuhfatul Athfal.

“Jadi sebelum menyetorkan Alfatihah peserta di wajibkan untuk menyetorkan sanad nya dari syaikh Muhammad Alfarabi sampai Rasulullah saw sampai 29 generasi, ucap desy

Pemateri pada daurah tersebut adalah Muhammad Al Farabi, beliau pernah talaqqi 14 qira’at Alquran bersanad kepada 10 masyaikh yang seluruhnya  bersanad (tersambung silsilahnya) sampai Rasulullah saw dan sanad yang tertinggi yang diraih dari hasil talaqqi dengan dua syaikh terakhir yang membuat sanad Alquran antara beliau dan Rasulullah SAW hanya terpaut 28 generasi Dan sanad Matn Tuhfatul Athfal beliau terpaut 6 generasi.

pemateri selalu berpesan untuk selalu murajaah kembali materinya dan yang penting itu sanadnya tapi jauh lebih penting itu adalah esistensinya/prakteknya.